Tim Korsel Berbagi Pengalaman

Puji Kemampuan Dasar Atlet Panahan Jabar

BANDUNG – Atlet panahan Jawa Barat membutuhkan banyak latihan dan ujitanding untuk menghadapi perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Hal tersebut diungkapkan pelatih panahan asal Korea Selatan, Lim Byeong Hyeok.

Setelah hampir satu pekan melakukan latihan bersama atlet panahan Jabar, Lim memuji kemampuan pemanah Jabar yang dinilai banyak mengalami peningkatan ketimbang saat mereka melakukan latihan di Provinsi Gyeongsanbuk-Do, Korea Selatan, pertengahan tahun 2014 lalu.

”Kemampuan dasar atlet Jabar sudah bagus dibandingkan saat latihan bersama di Korea Selatan. Namun, mereka masih kurang latihan. Kalau saja waktu latihannya ditambah, saya yakin kemampuan atlet akan cepat meningkat,” aku Lim di sela-sela latihan bersama atlet Jabar dan Korea Selatan di Lapangan Panahan Pajajaran, Jalan Pajajaran 37A, Kota Bandung, belum lama ini.

Selain itu, Lim menyarankan atlet panahan Jabar untuk lebih banyak mengadakan uji tanding dalam sebuah kejuaraan untuk menghadapi PON XIX/2016. Dengan demikian, kemampuan atlet pun bisa teruji dan terasah.

”Dengan banyaknya uji tanding, banyak yang bisa diraih atlet. Baik dari sisi mental, feeling, suasana pertandingan hingga pencapaian skor bisa lebih stabil,” tegasnya.

Hal yang berbeda dilakukan atlet panahan asal Provinsi Gyeongsanbuk-Do, Korea Selatan, saat melakukan latihan di negeri Ginseng. Tak hanya itu, intensitas pertandingan di negeri Ginseng pun cukup banyak dan beragam.

”Kita ikut berlatih disini (Jabar) karena di Koea Selatan sedang musim dingin, sehingga kami tidak bisa melakukan latihan secara maksimal. Namun saat datang kesini, ternyata di luar prediksi karena sedang musim hujan. Bisanya kami latihan sejak pagi, siang dan malam. Baik latihan menembak maupun fisik,” terangnya.

Atlet panahan asal Korea Selatan yang melakukan latihan bersama atlet panahan Jabar sejak pekan lalu sebanyak 12 atlet. Mereka merupakan atlet dari Kota Yungcheon dan dari SMA khusus wanita. Dan salah satu atlet yang ikut berlatih merupakan atlet peraih medali emas Olimpiade London 2012, Ki Bo-Bae.

”Saat ini, atlet peraih emas Olimpiade London 2012 masih dalam tahap pemulihan dari cedera bahu. Dia berlatih disini untuk persiapan seleksi tim nasional panahan Korea Selatan yang akan digelar bulan Maret 2015 mendatang,” pungkasnya. (jur/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan