Tertibkan Parkir Liar

[tie_list type=”minus”]Paling Berpotensi Timbulkan Kemacetan [/tie_list]

CIMAHI – Untuk menekan angka kemacetan arus lalu lintas, jajaran Polres Cimahi melakukan penertiban parkir liar di Jalan Amir Machmud, kemarin (9/6). Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjelang Operasi Ketupat demi kelancaran arus lalu lintas menjelang Ramadan.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Silfia Sukma Rosa mengatakan, dari awal pihaknya mengaku sudah memberikan imbauan kepada masyarakat, baik teguran secara lisan maupun menyampaikan langsung kepada juru parkir. Yakni dengan mengarahkan kendaraan untuk parkir di tempat yang sudah disediakan. Namun pelaksanaannya, hal itu tidak diindahkan.

”Jadi kita melakukan tindakan tegas dengan menempelkan selebaran peringatan di kaca dan mendereknya ke kantor polisi,” ujarnya Silfia kemarin (9/6).

Silfia mengatakan, dilakukannya penertiban tersebut mengingat banyaknya mobil yang parkir pada bahu jalan. Menurutnya hal itu sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan protokol.

Dilanjutkan Silfia, parkir di bahu jalan bisa mengakibatkan terjadinya gesekan dengan kendaraan lain yang melintas. Juga bisa menjadi potensi kecelakaan lalulintas. ”jadi yang dirugikan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak parkir di bahu jalan. Dan apabila masih ada masyarakat yang kedapatan parkir sembarangan atau tidak menaati peraturan lainnya. Maka akan dilakukan tindakan tegas kepada para pelanggar.

Sementara itu, salah seorang pelanggar, Ayu Rusianti, 31, mengaku tidak masalah mobilnya di derek polisi. Namun dia meminta penertiban dibarengi dengan menyediakan kantong parkir yang luas. ”Baru pulang kerja jadi mobil diparkirkan di depan jalan, biasanya mobil selalu disimpan di garasi,” ucapnya.

Ayu mendukung penertiban parkir liar demi upaya menekan kemacetan di Cimahi, namun langkah tersebut harus dibarengi dengan upaya pemerintah dengan menyediakan lahan parkir di tempat-tempat fasilitas umum.

”Di sini (Jalan Amir Machmud) tidak ada tempat parkir yang memadai, masa sih harus parkir di mal yang jaraknya cukup jauh,” tandas Ayu. (gat/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan