Telkom Grup Dorong Pemkot Bandung Raih Rekor MURI

Sebagai Kota Pertama yang Menerapkan E-Government secara Online di Seluruh Kelurahan

bandungekspres.co.id– Pemerintah Kota Bandung, dibawah kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil berhasil mewujudkan program kota pintar (smart city). Keberhasilan program Smart City ini ini dibuktikan dengan raihan rekor dari MURI sebagai kota pertama yang menerapkan konsep e-government secara online di seluruh kemacatan dan kelurahan.

Rekor MURI tersebut diberikan dalam acara pemberdayaan masyarakat dalam rangka pelaksanaan program Inovasi Pembangungan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) tahun 2015 di halaman kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukencana kemarin (3/12).

Keberhasilan pemkot Bandung dalam meraih rekor MURI tersebut tidak terlepas dari kontribusi PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai penyedia layanan digital. Bersama anak perusahaannya yang tergabung dalam Telkom Group, MURI pun memberikan sertifikat kepada Telkom Group yangg diterima oleh EVP Telkom Jabar Suparwiyanto dan Dirut Telkom Sigma Judi Achmadi. Telkom Group sebagai pendukung dan partner utama yang berupa penyediaan insfrastruktur Teknology Informasi dan Komunikiasi (TIK).

Untuk mendukung terciptanya program tersebut, Telkom telah mengelar infrastruktur fiber optic yang menghubungkan kantor Wali Kota dengan seluruh dinas dan instansi, 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Sedangkan untuk mendukung implementsi software aplikasi e-Government, Telkom melalui anak perusahaan Telkom Sigma membuat solusi aplikasi e-kelurahan. ”Dengan aplikasi e-kelurahan ini, seluruh warga kota bandung sudah bisa melakukan pengurusan semua jenis surat dan perijinan secara online, sehingga aplikasi ini menjadi alat bantu bagi kelurahan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” papar Suparwiyanto kemarin.

Sistem aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) atau dinas-dinas sehingga dapat memberikan pelayanan terintegrasi dalam single database system mulai dari Dinas Kesehatan, Pendidikan, Sosial, Pekerjaan Umum, Keuangan dan lain-lainnya. Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, smart city bertujuan untuk mempermudah segala urusan dengan dukungan konektivitas tinggi dari pemanfaatan TIK.

Secara terpisah, Direktur Enterprise dan Bussines Service PT Telkom Muhamad Awaludin mengungkapkan, bahwa sudah menjadi tanggung jawab Telkom Indonesia untuk membantu seluruh pemerintah kota dan kabupaten untuk mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) melalui implemetasi ICT di pemerintahan. ”Bandung adalah salah satu kota yang siap untuk menerapkan pemerintahan yang bersih, transparan dan profesional. Dan Telkom siap membantu penuh untuk mewujudkannya,” kata Awaludin. (a1/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan