Tekankan Peran Mahasiswa Dalam Negara

[tie_list type=”minus”]Darus Gelar Seminar Penguatan Sistem Demokrasi[/tie_list]

BALEENDAH – Anggota DPR RI H Dadang Rusdina SE MSi kembali turun ke masyarakat dengan menggelar seminar Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Universitas Bale Bandung (Unibba) itu diikuti oleh mahasiswa Unibba dan masyarakat, Minggu (27/9). H Dadang Rusdiana yang akrab disapa Darus itu didampingi Rektor Unibba Dr Mumun Mulyana MPd yang sekaligus sebagai narasumber.

”Mahasiswa mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan demokrasi. Sebab, universitas bersama mahasiswa bersatu untuk menciptakan kebersamaan dalam memantau demokrasi,” kata Darus kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di sela seminar.

Menurutnya, demokrasi adalah budaya yang harus melalui beberapa pranata. Di antaranya pranata kekeluargaan, kekuasaan, keagamaan dan pendidikan.

Pranata pendidikan, salah satunya adalah pendidkan perguruan tinggi. Dia berharap, dengan berkomunikasi bersama mahasiswa perguruan tinggi Unibba, pihaknya memiliki keyakinan selaku agen perubahan.

”Dengan adanya perubahan di mahasiswa atau perguruaan tinggi, sata berkeyakinan bisa mengembangkan perubahan Demokrasi yang sehat dan mengarah ke perubahan yang lebih baik. Sebab, mahasiswa merupakan agen perubahan, di kalangan demokrasi,” terangnya.

Dia mengakui, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga, setelah India dan Amerika tentang demokrasi. Menurut dia, Indonesia pada 2015 di atas rata-rata 70, 58 persen kategori sedang.

Oleh karena itu, masih banyak yang perlu dipahami tentang demokrasi, termasuk dalam pemilihan umum. Bagaimana cara memilih yang benar, dan taanpa ada permainan yang tidak sehat.

Dengan adanya pemahaman tentang Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila, masyarakat akan mengetahui dan pasti menjauhi demokrasi yang bermuatan money politic.

”Di sini dibutuhkan peran mahasiswa. Sebab, mahasiswa merupakan agen masyarakat terdepan, sehingga harus berani menyuarakan atau menolak adanya demokrasi money politic,” tuturnya.

”Apalagi ada unsur pemaksaan, intimidasi. Sebab, mahasiswa memiliki peran penting di negara demokrasi dan masyarakat,” tambahnya.

Dr Mumun Mulyana MPd, narasumber sekaligus Rektor Unibba mengatakan, peranan mahasiswa dalam demokrasi sangatlah penting. Makanya dia mengimbau mahasiswa agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang 4 Pilar Kebangsaan dan demokrasi agar bisa memberikan contoh positif terhadap masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan