Target Juara Umum

[tie_list type=”minus”]Tantangan Berat Pencak Silat di Popwil[/tie_list]

CIREBON – Kontingen pencak silat Kabupaten Cirebon proyeksi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Saat Kabupaten Cirebon menjadi tuan rumah Popwil Agustus mendatang, pencak silat bertekad untuk mernyumbangkan medali sebanyak-banyak dengan target juara umum.

Di Popwil mendatang, cabang pencak silat bakal menurunkan 29 atletnya, putra dan putri. Itu artinya, kontingen pencak silat Kabupaten Cirebon tidak membiarkan satu kelas pun kosong termasuk pada kategori seni nomor tunggal, ganda dan beregu. Mereka turun full tim dengan harapan mampu merajai pesta olahraga pelajar se-Wilayah III Cirebon plus, tahun ini.

Ke-29 pesilat dipersiapkan sejak awal tahun ini. Namun, ofisial kontingen pencak silat belum mengadakan pemusatan. Program pembinaan dibagi menjadi tiga wilayah . Ke-29 pesilat itu tersebar di tiga pemusatan latihan yakni, Sumber, Arjawinangun dan Ciledug.

Pelatih pencak silat Kabupaten Cirebon, Anas mengakui, perjuangan mencapai target juara umum tidak akan mudah. Para pesaing dari Kota Cirebon, Kuningan, Majalengka, Indramayu plus Sumedang dan Pangandaran tentu akan mengerahkan atlet-atlet terbaiknya untuk menjegal misi tuan rumah. ”Pesaing terkuat adalah Kota Cirebon. Sebab, persiapan yang mereka lakukan sudah cukup lama. Kota Cirebon diuntungkan karena wilayahnya yang kecil dan seluruh pesilat bisa selalu berlatih bersama-sama,” tuturnya.

Kontingen pencak silat Kota Cirebon memang layak diperhitungkan. Mereka memiliki misi khusus untuk mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada Popwil sebelumnya, tahun 2013. ’Kita tahu pencak silat Kota Cirebon berkembang dengan sangat pesat. Tapi, kita juga akan waspada dengan pesilat dari daerah lainnya,” ujar Anas.

Menurut Anas, desentralisasi pembinaan atlet di tiga wilayah menjadi kendala. Sebab, perkembangan ke-29 pesilat tidak terkontrol dengan baik. ”Jika dilakukan pemusatan tentu akan lebih baik. Sayangnya, belum ada instruksi dari Disbudparpora. Saya harap, pemusatan latihan berikut pencairan dana pembinaan segera dilakukan,” ucapnya. (ttr/asp)

Tinggalkan Balasan