Sultan Tegaskan Sabdaraja dari Allah

Sultan juga menjelaskan beberapa hal. Misalnya, perubahan nama menjadi Ngarso Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Sri Sultan Hamengku Bawono, ingkang Jumeneng Kasepuluh Suryaning Mataram Senopati ing Ngalenggo Langgeng Bawono Langgeng Toto Panoto Gomo.

Dia menjelaskan perubahan nama Buwono menjadi Bawono. Menurut Sultan, Buwono diartikan sebagai jagat kecil, sedangkan Bawono adalah jagat yang lebih besar. Dia mengibaratkan dengan wilayah. ’’Kalau Buwono itu nasional, Bawono adalah internasional,’’ terangnya.

Soal penyebutan kasepuluh dan bukan kaping sedasa, menurut dia, kaping merupakan hitungan tambahan, sedangkan kasepuluh merupakan kelanjutan dari sebelumnya atau disebut lir gumanti. Begitu pula untuk nama Suryaning Mataram. Dasarnya adalah perjanjian Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Giring yang sudah selesai.

Mengenai perubahan nama Khalifatullah Sayidin yang diganti Langgengin Toto Panoto Gomo, Sultan menjelaskan, situasi sekarang tidak bisa dianggap sepele seperti raja sebelumnya karena perubahan zaman. ’’Kira-kira saya sekarang sudah tidak kena perjanjian karena zaman berubah,’’ ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan perubahan nama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun menjadi GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram sesuai dengan dawuhraja yang dibacakan Selasa (5/5), Sultan menegaskan bahwa perubahan nama putri sulungnya tersebut juga sesuai dengan dawuh Yang Mahakuasa.

Dalam dawuhraja di Sitihinggil, Sultan juga membenarkan bahwa dirinya meminta GKR Mangkubumi maju dan diberi nama baru. Termasuk, diminta duduk di Watu Gilang. Tetapi, dia membantah GKR Mangkubumi sebagai putri mahkota. ’’Dawuh ke saya hanya menetapkan putri sulung saya dengan gelar baru. Saya tidak mau melangkah lebih dari itu,’’ tegasnya.

Soal keluarnya sabdaraja dan dawuhraja yang dinilai mendadak, Sultan juga membantah. Menurut dia, dawuh tersebut merupakan kewenangan Allah SWT. Dia juga menegaskan bahwa dawuh tersebut tidak boleh kapencai atau diperdebatkan. ’’Karena dawuh itu dari Gusti Allah, harus saya jalankan,’’ terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan juga mengklarifikasi bahwa dirinya memiliki tokoh spiritual, bukan dukun. Dia menyebutkan, sejak masih bernama BRM Herjuno Dalpito, dirinya diminta mengurus beberapa petilasan yang dibangun HB IX.

Tinggalkan Balasan