Soal Unas Didistribusikan Hari H

CIMAHI – Naskah soal Ujian Nasional untuk tingkat SMA/SMK/MA di wilayah Cimahi sudah tiba di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Kota Cimahi, kemarin (10/4). Soal yang berjumlah 132 dus itu akan didistribusikan ke setiap sekolah mulai Senin (13/4) nanti.

Naskah UN - cimahi
LIA AMALIA/CIMAHI EKSPRES

DISTRIBUSI: Pegawai Disdikpora Kota Cimahi sedang mengecek distribusi soal UN yang tiba di Ruang Panitia UN Kota Cimahi, Jumat (10/4) kemarin.

Kepala Bidang Dikmen Disdikpora Cimahi, Guntur Priyambada mengatakan, pengiriman soal ini lebih cepat dari biasanya. Padahal, biasanya berkas baru sampai sehari sebelum pelaksanaan. ”Seharusnya soal UN tiba besok (hari ini), namun terima kasih kepada pihak kepolisian yang sudah berkoordinasi dengan baik sehingga soal sudah tiba hari ini (kemarin),” ungkapnya.

Selanjutnya, soal-soal tersebut akan dipilah sesuai dengan mata pelajaran yang akan diujiankan. ”Setiap sekolah mendapat satu dus soal ujian, namun soal itu mesti dipilah kembali. Teknisnya, Senin tanggal 13 April 2015 dini hari nanti dan soal akan diambil oleh panitia ujian di sekolah setiap harinya sesuai dengan mata pelajaran yang akan diujiankan hari itu,” katanya.

Berbeda dengan persiapan Ujian Nasional secara manual, soal untuk UN secara online disediakan langsung oleh pusat ketika ujian berlangsung. ”Kami hanya menyediakan pelatihan bagi dua orang teknisi di sekolah, satu sekolah menyediakan satu server atau paling banyak dua server,” lanjut Guntur.

Dia juga menambahkan, untuk menjadi sekolah yang menggunakan ’Computer Based Test (CBT)’ diperlukan kesiapan. Bukan saja kesiapan secara perangkat, tapi juga kesiapan psikologis siswa yang melaksanakan ujian. ”Di sekolah yang sekarang menggunakan CBT untuk ujian, siswa sudah dibiasakan melaksanakan ujian online sebelum UN berlangsung, bahkan juga siswa kelas X dan XI, sehingga siswa menjadi terbiasa dengan pelaksanaan ujian,” tuturnya.

Sementara itu, pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Asep Hilman hadir dalam penyerahan berkas soal. Sekretaris Disdikpora Kota Cimahi Toto Suharto pun merasa mendapatkan kehormatan atas kunjungan itu. ”Tentu saja bagi kami hal ini menjadi sebuah kehormatan dan kebanggan, karena biasanya hanya melakukan pantauan, justru saat ini beliau langsung menyerahkan secara simbolis berkas soal UN di Cimahi,” tutupnya. (mgc2/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan