Soal Uber, Penumpang Merasa Nyaman

PROTES dari Organda dan pengusaha taksi di Kota Bandung soal Taksi Uber tidak senada dengan yang diutarakan warga Bandung. Salah satu warga yang sudah mencoba Taksi Uber adalah Budi, 33. Dia menilai, pelayanan Taksi Uber termasuk bagus. Pasalnya, Taksi Uber bisa menjadi alternatif transportasi, karena angkutan umum di Bandung masih semrawut.

taksi uber
Uber Bikin Jiper

Kelebihan:
-Pemesanan taksi bisa melalui online atau aplikasi android.
-Tarif argo lebih murah.
-Pembayaran argo bisa menggunakan kartu kredit.
-Pengemudi dan penumpang sama-sama dapat penilaian.
Kekurangan:
-Belum memiliki izin resmi.
-Sektor perpajakan dinilai belum jelas.
-Faktor keamanan penumpang dipertanyakan.

’’Tapi memang perizinan harus ditempuh dan pengusaha taksi lain juga harus introspeksi,’’ ujar pegawai swasta di kawasan Jalan Asia Afrika ini kemarin (23/6).

Menurutnya, Taksi Uber tidak akan laku di Bandung ketika layanan taksi yang sudah ada memuaskan konsumen. Apalagi dengan sistem pembayaran Taksi Uber yang memakai sistem kartu kredit. ’’Setelah dicoba ya saya langsung merasa nyaman, saya percaya saja, dengan modal gadget saya bisa langsung mendapatkan transportasi yang nyaman diandingkan taksi yang sudah ada. Perhitungan tarifnya juga jelas, tidak ada argo yang dicurangi,’’ ucap Budi.

Pendapat lain dikemukakan oleh Putra, 29. Menurut warga Jalan Ermawar ini, Uber bukanlah taksi seperti taksi plat kuning, melainkan rental mobil. ’’Tarif juga lebih fair, meskipun memang lebih murah dari taksi. Karena kita bisa mengetahui estimasi biaya sebelum naik mobilnya,’’ ujar Putra.

Soal banyaknya protes dari Organda pengusaha taksi, Putra menilai reaksi mereka berlebihan. Seharusnya Organda dan pengusaha taksi introspeksi dan memperbaiki kualitasnya. ’’Istilahnya di Bandung masih banyak taksi yang butut, argo juga dicurangi. Sekarang tinggal kreativitas dari pengusaha taksi Bandung saja bagaimana caranya menarik perhatian masyarakat,’’ ungkap Putra.

Namun demikian Putra berharap Taksi Uber bisa menempuh izin terlebih dahulu, sehingga masyarakat semakin terjamin keamanan dan kenyamanannya. ’’Harus tetap memiliki izin. Kantor dan lain-lainnya juga jelas. Sehingga penumpang semakin merasa aman,’’ tandasnya. (dtk/bbs/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan