Siapkan 147 Kapal di 8 Lintasan

 

JAKARTA – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, menyatakan kesiapannya untuk melayani penumpang saat mudik Lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, ASDP telah menyiapkan sebanyak 147 kapal yang akan menuju ke delapan lintasan.

Ferry
JP Photo

BIKIN NYAMAN: Sejumlah pengguna kapal laun akan diberi pelayanan ekstra pada arus Lebaran tahun ini.

Yakni, lintasan Jawa–Sumatera, Bali–Jawa, Bali–Lombok, Lombok–Sumbawa, Sulawesi Selatan–Sulawesi Tenggara, Balikpapan, Pulau Bangka dan Palembang. ’’Itu akan ada poskonya, ada di pusat pemantauan semua operasional di lintasan tersebut,’’ ujar Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S. Baskoro di Jakarta kemarin (11/6).

Selain mengecek seluruh komponen yang ada di pelabuhan maupun di armada, ASDP juga telah menyiagakan kapal cadangan bila tiba-tiba ada gangguan yang terjadi di lapangan. ’’Nanti kami akan berusaha men-standby-kan kapal. Kalau terjadi sesuatu di penyeberangan, kapal kami arahkan ke penyeberangan untuk tambahan armada. Kami sudah mengecek sarana prasarana, baik dermaga, genset dan sebagainya termasuk boat. Kalau ada kapal mogok, bisa kita geser atau tarik dengan kapal lain,’’ jelas Danang.

Di samping itu, ASDP juga telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui cuaca di laut. Pihaknya berharap, cuaca saat mudik Lebaran nanti bisa kondusif sehingga perjalanan sejumlah masyarakat bisa berlangsung aman.

’’Kami juga bekerjasama dengan pihak lainnya. Untuk pengamanan kami bekerjasama dengan Basarnas. Jadi pengamanan tidak hanya dari Polri. Untuk cuaca kami percayakan kepada BMKG. Personel yang kami kerahkan lebih dari empat ribu orang untuk mengamankan,’’ terang Danang. (chi/jpnn/far)

Tinggalkan Balasan