Setiap Hari Habiskan 25 Kg Ampas Tahu

[tie_list type=”minus”]Kusnan, Peternak yang Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Rp 90 Juta[/tie_list]

Banyak peternak sapi di Bojonegoro. Namun, Kusnan adalah peternak khusus. Dia spesialis sapi kurban. Setiap tahun Gubernur Jatim Soekarwo dan para pejabat lain memesan sapi kepada dia. Tahun ini Presiden Joko Widodo juga membeli sapi kurban dari Kusnan.

NURKOZIM dan HAFIDZ, Bojonegoro

Dinding rumah Kusnan dipenuhi foto dirinya bersama sapi-sapi pemenang kontes. Foto itu disertai tulisan tanggal dan cerita juara kontes sapi yang diikutinya. Beberapa sertifikat juga terpampang di ruang tamu rumahnya di Desa Klepek, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Ya, sejak 2003, Kusnan selalu menjuarai lomba kontes sapi yang diadakan Pemkab Bojonegoro.

Di samping rumah Kusnan, terdapat kandang berukuran 30 x 12 meter. Di dalamnya ada lebih dari 40 ekor sapi supergemuk. Yang terkecil seberat 7 kuintal. Yang terbesar mencapai 1,25 ton. Rata-rata berat sapi potong itu adalah 3-4 kuintal.

Sebagian sapi tersebut sudah dipesan. Salah satunya adalah seekor sapi yang paling besar jenis limusin simental berwarna cokelat. Bobotnya mencapai 1,25 ton. Sapi tersebut sudah dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban Idul Adha tahun ini.

’’Tim dari Pemprov Jatim datang ke sini. Mereka bilang akan membeli sapi itu karena perintah presiden,’’ tutur Kusnan saat ditemui wartawan Jawa Pos Radar Bojonegoro (Group Bandung Ekspres) di rumahnya.

Sebenarnya, dia tidak terlalu terkejut sapinya dibeli presiden. Sebab, setiap tahun Gubernur Jawa Timur Soekarwo membeli sapinya untuk kurban.

’’Pak Karwo pernah membeli yang berbobot 1,1 ton. Tetapi, sapi ini (pesanan Presiden Jokowi, Red) adalah yang terbesar,’’ ungkap bapak dua anak tersebut.

Selain presiden dan gubernur Jatim, tahun ini lebih dari sepuluh pejabat Jatim membeli sapi milik Kusnan. Antara lain, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi. ’’Total ada 14 ekor sapi saya yang dibeli pejabat tahun ini,’’ ujar pria yang rambutnya mulai memutih itu.

Berapa harga 14 ekor sapi tersebut? Setelah tersenyum, dia menyebut angka lebih dari setengah miliar rupiah. Kusnan menceritakan, awalnya, Gubernur Jatim Soekarwo membeli sapinya pada 2009. Sapi yang dibeli tersebut adalah sapi pemenang kontes tingkat kabupaten. Sejak saat itu, setiap tahun Soekarwo membeli sapi dari Kusnan.

Tinggalkan Balasan