Seratus Persen Skuat Sudah Terbentuk

Sebelum Timnas U-23 Berangkat Ke Vietnam

Aji Santoso Pelatih Timnas U-23
Aji Santoso
Pelatih Timnas U-23

JAKARTA – Aji Santoso benar-benar bergerak cepat untuk mempersiapkan skuat ke Kualifikasi Piala AFC U-23 2016. Betapa tidak, hanya selang tiga hari setelah mengikuti training center (TC) tahap ketiga yang berlangsung di Jakarta pada Senin (2/3) lalu. Aji mengklaim, dia sudah menemukan seratus persen kerangka tim skuat Garuda Muda—sebutan Timnas U-23.

’’Sudah komplet, saya kira semua pemain yang akan berangkat ke Vietnam, sudah seratus persen menjadi skuad resmi Indonesia,” kata pria asal Malang, Jawa Timur itu kepada Jawa Pos (induk Bandung Ekspres), kemarin (5/3). ’’Memang ada beberapa lini yang kemampuan mereka harus di asah lagi, tapi secara menyeluruh tim ini sudah siap,’’ lanjutnya.

Hanya saja, mantan pelatih Persebaya Surabaya itu enggan membocorkan kepada publik, terkait pemain mana saja yang akan menjadi starter dalam skuatnya. ’’Yang pasti gambarannya sudah ada, dan kerangka timnya sudah jadi. Tapi nggak etis kalau saya sebut mereka saat ini,’’ jelas mantan pemain Timnas Indonesia yang meraih medali emas di SEA Games 1991 itu.

Seperti yang diketahui, Manahati Lestusen dan kawan-kawan akan terbang ke Vietnam, besok (7/3) pagi. Di sana, mereka akan menjalani pertandingan uji coba internasional melawan Timnas Vietnam U-23 sebagai persiapan untuk tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2016. Dalam lawatan tersebut, hanya Sutanto Tan dan Sunny Hizbullah yang tidak dimasukan dalam rombongan.

Kendati mengaku telah menemukan seratus persen kerangka tim, Aji menambahkan bahwa dia masih akan terus mencari pemain lain sekembali mereka dari Vietnam.’’Karena total pemain yang tergabung dalam skuat ini masih belum ideal, jadi tentu saya harus cari satu atau dua pemain tambahan lagi. Meski hanya untuk pelapis saja,’’ imbuhnya.

Rencananya, dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 itu, wakil Indonesia ini akan bertarung di grup H bersama Korea Selatan, Brunei Darusalam dan Timor Leste. Ke-empat negara tersebut akan bertarung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta pada 27, 29 dan 31 Maret mendatang. Dalam even tersebut hanya juara grup dan lima runner- up terbaik yang berhak lolos ke putaran final yang akan berlangsung di Qatar, 2016 mendatang. (dik/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan