Seperti Keluarga, Selalu Terharu saat Berpisah

[tie_list type=”minus”]Menengok Keakraban TNI dan Malaysia di Garis Perbatasan[/tie_list]

Keakraban prajurit TNI dengan tentara Malaysia yang berdinas di pos gabungan di Entikong dibangun dengan patroli, apel, hingga main voli bersama. Selama bertahun-tahun dan berganti-ganti personel, tak pernah ada masalah.

FOLLY AKBAR, Entikong

[divider style=”dotted” top=”20″ bottom=”20″]

PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA
FORRY/JAWAPOS

TERKENAL AKUR: Poskotis Gabma Entikong di perbatasan. Para prajurit dikedua negara kerap melakukan aktivitas bersama.

KEHARUAN mewarnai pagi yang cerah di Entikong. Puluhan prajurit tampak saling berpelukan. Beberapa tepukan tangan juga mendarat di punggung masing-masing. Mereka tampak berusaha saling menguatkan.

Maklum, kawan yang telah hidup bersama tiga bulan terakhir harus pergi. Berganti tempat. Tapi, masih dengan tujuan yang sama: mengabdi untuk bangsanya.

Ya, Sabtu pagi lalu (3/10) menjadi hari terakhir bagi sepuluh personel Tentera Diraja Malaysia (TDM) berdinas di Poskotis Gabma Entikong, Kalimantan Barat. Posisinya di pos gabungan yang terletak 2 kilometer dari garis perbatasan itu digantikan sepuluh rekannya sesama TDM.

”Sedih, karena kami sudah akrab sekali. Sudah seperti saudara,” kata Sersan Satu (Sertu) Marwan, prajurit TNI yang bertugas di Entikong.

Meski terletak di wilayah Indonesia, beberapa tentara asal negeri jiran memang ditempatkan di Poskotis Gabma Entikong. Itu merujuk kesepakatan yang diteken kedua negara bertetangga tersebut dasawarsa lalu.

Hal serupa ada di pos perbatasan milik Malaysia. Sepuluh prajurit TNI ditempatkan di Pos Biawak, Sarawak. Malaysia melakukan rotasi per tiga bulan, sedangkan TNI sembilan bulan sekali.

Tugas mereka sama, mengamankan wilayah perbatasan dari sisi luar. ”Kadang mengawal pejabat negara yang melintas dan melakukan kunjungan,” kata Marwan.

Poskotis Gabma Entikong terhitung sebagai pos perbatasan yang besar. Luas lahan yang didominasi warna hijau itu mencapai 2 kilometer persegi. Selain barak dan fasilitas olahraga, pos yang berisi 55 personel TNI dan 10 prajurit TDM itu dilengkapi satu helipad.

Selaras, tanggung jawab yang diemban pun besar. Garis perbatasan di bagian barat Kalimantan tersebut berada di bawah komando Poskotis Gabma Entikong. Panjangnya mencapai 966 kilometer. Itu nyaris setengah garis perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan yang mencapai 2.019 kilometer.

Tinggalkan Balasan