oleh

Secondhand Serenade Bius Bandung

Sempat Cover Dua Lagu Populer

BANDUNG WETAN – Suara klakson terdengar saling bersahutan. Kian sore, Jalan Tamansari semakin padat. Padahal, saat itu sedang hujan. Hampir semua kendaraan yang melintas belok ke gedung Sasana Budaya Ganesha. Ini tak heran, karena spanduk bergambar Secondhand Serenade milik SMAN 2 Bandung terpampang di gerbang masuk.

SECONDHAND- Bandung Ekspres
MUSISI INTERNASIONAL: Secondhand Serenade yang digawangi John Vesely beraksi di acara Futwore yang merupakan puncak acara mega bazaar SMAN 2 Bandung, di Sabuga, Sabtu (1/2) malam. John tampil tanpa band mengusung konsep akustik.

Penampilan John Vesely (vokalis dan gitaris Secondhand Serenade) memang dinanti-nanti oleh warga Bandung. Buktinya, begitu dia menaiki panggung, para pengunjung berteriak histeris tanda kegirangan. Mereka langsung merangsek ke depan sambil mengacungkan kamera atau ponsel masing-masing. Mengabadikan aksi John untuk sekedar di-update ke jejaring sosial atau koleksi pribadi.

’’How are you Bandung?” teriak John kala menapaki panggung. ’’I’ve been waiting so long to come back here. You guys such an amazing fans (saya sudah menunggu lama untuk kembali ke sini. Kalian fans yang sangat luar biasa),’’ ucapnya lagi.

Malam itu John mengenakan celana jeans. Di bagian lututnya terlihat beberapa sobekan, namun hal itu malah membuat John tambah keren. Ditambah jaket kulit hitam dan sepatu boot. Dia tidak membawa band-nya ke Bandung. Malam itu hanya dua gitar dan satu piano yang menemaninya. ’’I don’t bring my great band cause you are my band right now,’’ kata dia sambil menyapukan tangannya ke penonton. Sontak penonton semakin histeris.

Usai menyanyikan lagu kedua berjudul Awake, John merasa kepanasan. ’’Why is so hot in here,’’ ucapnya sambil membuka jaket. Kini tato-tato di kedua lengannya terlihat jelas. Penonton kembali histeris. Kali ini teriakannya lebih keras. ’’Leather jacket is not a good choice,’’ ucap pria asal California ini sambil bergerak menujuk tempat piano dan mulai memainkan lagu berikutnya.

Di sela-sela penampilannya, John menyempatkan diri berinteraksi dengan para fans. Menyapa ke sisi kiri, lalu ke kanan. Sambil sesekali bertanya, ’’Are you guys having a good time?”. Menjelang akhir penampilannya pun, John sempat pergi ke belakang panggung, seolah pertunjukan sudah berakhir. Namun, tak lama kemudian dia kembali lagi karena penonton tak henti-hentinya meneriakkan ’’we want more’’.

Tak disangka, bukannya menyanyikan lagu sendiri, John malah melantunkan lagu Fix You milik Coldplay. ’’I don’t like this song, but I like to play it for you,’’ ujarnya. Setelah selesai, diapun beralih ke piano. Denting-denting lagu Richard Marx berjudul Right Here Waiting For You mengalun. Tapi dia malah menyanyikan lirik Wrecking Ball milik Miley Cyrus dengan backsound lagu Richard Marx itu. Penonton kaget namun tetap ikut bernyanyi.

Namun, aksi cover lagunya itu tak sampai usai. John langsung memainkan lagu Fall For You secara tiba-tiba. Seketika penonton berteriak senang. Karena akhirnya lagu pamungkas yang ditunggu-tunggu itu dimainkan juga. Sound system ruangan seolah tertutupi oleh suara penonton yang bernyanyi bersamaan. ’’Because the crowd like this is impossible to find,’’ ucapnya memplesetkan sebagian lirik lagu.

Kepala Sekolah SMAN 2 Bandung Hj. Sundari mengatakan, acara semacam ini punya tujuan tertentu. Selain supaya siswa semakin akrab, juga untuk memainkan otak kiri dan kanan. Panitia yang berjumlah 900 orang sudah kerja keras, dan Sundari mengapresiasi hal itu. ’’Acara ini sebagai bentuk kekompakan. Supaya siswa juga belajar memenej suatu acara dengan benar,’’ tandasnya saat memberi sambutan di atas panggung.

Selain pagelaran musik, sebelumnya SMAN 2 sudah menggelar pre-event dan kegiatan sosial-lingkungan. Diterapkan pula konsep wirausaha. Caranya dengan memberi jatah satu stand untuk tiap kelas. Ada yang membuat makanan/produknya sendiri untuk dijual, ada pula yang bekerjasama dengan pengusaha makanan. (tam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.