Satpol PP Razia Rumah Kos

[tie_list type=”minus”] Untuk Cegah Praktik Prostitusi Meluas[/tie_list]

BUAHBATU – Maraknya bisnis ilegal prostitusi mendorong Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung meningkatkan pengawasan. Salah satu lokasi yang dijadikan target pengawasan adalah rumah-rumah kos.

RAZIA KOSAN
YUSNADI/JP PHOTO

INTEROGASI: Petugas Satpol PP memeriksa penghuni kamar kos kosan. di kawasan Tanjungpinang. Razia serupa juga dilakukan di Kota Bandung, untuk mencegah praktik prostitusi meluas.

’’Tempat-tempat kos itu kan diduga berpotensi digunakan sebagai tempat praktik prostitusi,’’ jelas Kepala Satpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto saat dihubungi kemarin (12/5).

Eddy menyatakan, Satpol PP akan bersinergi dengan kewilayahan untuk melakukan pengawasan kamar-kamar kos. Salah satu upaya pengawasan yang dilakukan, yakni mengecek kamar-kamar kos di Kota Bandung. Koordinasi juga akan dilakukan oleh Satpol PP dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan operasi yustisi di tiap kamar kos yang jadi sasaran.

Eddy juga menyatakan pihaknya akan melakukan peningkatan pengawasan dan razia di jalanan. Hal ini perlu dilakukan, karena masih ada upaya dari PSK yang menjajakan diri di sejumlah titik jalan di Kota Bandung. Pengawasan ini, lanjut Eddy, dilakukan pada malam hari dengan target operasi utama di jalan-jalan protokol. ’’Pengawasan terus, tidak berhenti. Pelanggaran Perda akan kita tertibkan, kalau ditemukan akan kita tindak,’’ jelas Eddy.

Dari operasi terbaru, pada Minggu lalu, Eddy menyatakan Satpol PP berhasil menertibkan setidaknya delapan orang PSK. Kedelapan PSK ini berhasil ditertibkan oleh Satpol PP di seputar Jalan Stasiun Timur.

Setelah diamankan, kedelapan PSK tersebut segera dibawa ke Panti Rehabilitasi di Cirebon. Eddy menyatakan, PSK tersebut telag melanggar Perda No 11 Tahun 2005 mengenai Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Pasalnya, kegiatan ilegal yang mereka lakukan telah mengganggu ketertiban masyarakat.

Selain tempat kos, satpol PP berencana memperluas area razianya. Seperti warnet dan lainnya. Diketahui, razia yang dilakukan satpol PP Kota Bandung dilakukan seiring dengan maraknya praktik prostitusi di Kota Bandung. Beberapa waktu lalu, para pelaku prostitusi online di Kota Bandung berhasil diamankan jajaran kepolisian Polrestabes Bandung. (bbs/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan