Sandang Jawara Silat Antar RT

Bupati Bandung Barat Abubakar memiliki pengalaman unik dalam mengisi kemerdekaan semasa anak-anak. Banyak orang yang tidak menyangka, jika orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat ini pernah mengikuti perlombaan pencak silat tingkat RT. Keikutsertaan mengikuti pencak silat, tiada lain sebagai cara untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan puluhan tahun yang lalu tersebut.

Abubakar Bupati Bandung Barat
Abubakar
Bupati Bandung Barat

Abubakar menceritakan, perlombaan pencak silat yang diikutinya merupakan pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Menurutnya, semasa kecil merupakan kenangan yang indah dilalui untuk mengisi kemerdekaan bersama teman lainnya. ”Dulu saya pernah ikut lomba pencak silat dalam perayaan Agustusan. Sebelum berlomba, saya latihan silat dulu,” kata Abubakar kepada Bandung Ekspres di Ngamprah, kemarin.

Pengalamannya berlomba pencak silat, menjadi salah satu kenangan dalam setiap memperingati perayaan hari kemerdekaan. Kalau pun tahun berganti, 17 Agustus dia selalu ingat memori itu.

”Kalau setiap hari kemerdekaan ingat masa kecil (lomba pencak silat). Apalagi saat ini makin ramai dengan berbagai perlombaan dan karnaval,” katanya.

Selain memiliki pengalaman berlomba pencak silat, bupati juga pernah ikut dalam kesibukan menjadi panitia Agustusan di sebuah karang taruna. Seperti anak lainnya, bupati memiliki pengalaman membuat proposal untuk meminta sumbangan uang demi mewujudkan kemeriahan hari kemerdekaan. ”Kita bikin proposal, lalu keliling ke rumah-rumah warga untuk meminta sumbangan. Uangnya untuk bikin panggung dan segala macam acara perayaan kemerdekaan,” ujarnya seraya menyebutkan acara hari kemerdekaan meningkatkan kebersamaan di tengah masyarakat.

Perbedaan setelah duduk di pemerintahan, kata bupati, dapat dimaknai bahwa kekompakan dan gotong royong di masyarakat harus lebih ditingkatkan dalam meramaikan perayaan hari kemerdekaan ke-70 ini.

”Kita dapat memaknai bahwa para generasi muda dapat mengetahui peristiwa sejarah bangsa ini yang diperjuangkan oleh para pahlawan kita,” ungkapnya.

Untuk memeriahkan hari kemerdekaan, pihaknya berkomitmen tahun ke tahun perayaan kemerdekaan harus lebih meriah dengan melibatkan lapisan masyarakat. ”Saya sudah sampaikan kepada panitia bahwa perayaan kemerdekaan tahun ini harus lebih ramai dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan