Saat La Pulga Habis karena Cedera

JULUKAN La Pulga atau Si Kutu bagi Lionel Messi bukanlah tanpa alasan. Performanya yang bagaikan kutu dengan ’meloncat’dari satu lapangan ke lapangan lain membuatnya menjadi mesin gol Barcelona dengan performa terbaik terjadi pada musim 2011-2012 dimana saat itu dia mampu melesakkan 73 gol di semua ajang.

messi
BERLATIH: Lionel Messi saat
menjalani latihan bersama tim.

Kini, julukan Kutu itu terasa begitu janggal disematkan kepada Messi. Penyebabnya adalah badai masalah kebugaran yang mendera kapten timnas Argentina tersebut. Terbaru, Messi harus ditarik 1,5 jam sebelum melawan Guangzhou Evergrande tadi malam karena mengalami renal colic.

Renal Colic adalah gangguan kesehatan berupa kesakitan yang amat dalam disebabkan oleh batu ginjal. Gangguan ini diawali dengan rasa sakit yang dimulai dari daerah sekitar ginjal yang merembet hingga daerah sekitar kemaluan. Rasa sakitnya luar biasa serta terjadi secara konstan dalam waktu yang berdekatan.

Dalam pernyataan resminya, Barcelona mengatakan bahwa penyerang 28 tahun itu langsung menjalani pemeriksaan setelah dipastikan absen menjelang laga yang akhirnya dimenangkan oleh klub berjuluk El Barca itu lewat hattrick Luis Suarez.

”Partisipasnya ke depan ditentukan oleh tes medis lanjutan yang bakal ditentukan secepatnya,” ujar Barca dalam keterangannya seperti dilansir ESPN. Gangguan batu ginjal ini bukanlah hal pertama yang dialami oleh Barca setelah David Villa pernah mengalami penyakit serupa yang membuatnya harus absen Februari 2013 lalu.

Walau begitu, gangguan kesehatan yang dialami Messi jelas menjadi kerugian tidak hanya bagi Barca namun juga dirinya secara pribadi. Sebab, Messi baru saja kembali bermain setelah absen selama dua bulan akibat mengalami cedera ligament ketika mengandaskan Las Palmas 2-1 26 September lalu.

Akibat seringnya ditarik, Messi pun mengalami penurunan yang signifikan dalam performanya musim ini. Hingga 16 laga yang telah dijalani, Messi hanya mencetak 11 dengan koleksi terbanyak dicetak di La Liga dengan torehan lima gol.

Gangguan ginjal ini tidak hanya membuatnya harus absen ketika Los Blaugrana, julukan lain Barca, menang atas Guangzhou Evergrande, namun Messi juga diragukan tampil ketika skuad besutan Luis Enrique itu menantang River Plate pada laga final di International Stadium Yokohama 20 Desember nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan