Rossi Terbanyak Taklukkan Sirkuit

Kemenangan Valentino Rossi di Grand Prix Inggris menyisakan beberapa cerita menarik. Selain jadi kemenangan pertamanya di sirkuit Silverstone, secara kesuluruhan, pebalap berjuluk “The Doctor” itu semakin memantapkan diri sebagai pebalap aktif yang paling banyak menaklukkan sirkuit di balapan MotoGP. Demikian seperti dilansir dari situs resmi MotoGP.

Valentino
ISTIMEWA

SI DOKTER: Pebalap Yamaha Valentino Rossi menancapkan namanya
sebagai seorang yang mampu menaklukkan seluruh sirkuit di MotoGP

Kini tinggal dua sirkuit lagi yang masih belum bisa ditaklukkan Rossi yang terdapat dalam kalender balap MotoGP tahun ini. Mereka adalah sirkuit di Indianapolis Motor Speedway di Austin, Amerika Serikat serta sirkuit Motorland Aragon di Spanyol.

Silverstone sendiri adalah sirkuit berbeda ke-23 yang pernah ditaklukkan Rossi di ajang balap kuda besi paling bergengsi. Selain 16 sirkuit yang ada dalam kalendar balap MotoGP tahun ini, ia juga pernah memenangi balapan di sirkuit seperti Donington di Inggris, Estoril di Portugal, Laguna Seca di Amerika Serikat, Rio di Brasil, Shanghai di Tiongkok, Suzuka di Jepang, dan Welkom di Afrika Selatan.

Jika dihitung dengan kelas 250cc dan 125cc, Rossi sudah berhasil menaklukkan 29 sirkuit sepanjang karirnya karena ia juga pernah tampil di sirkuit Buenos Aires, Nurburging, Paul Ricard, Shah Alam dan sirkuit kebanggaan Indonesia, Sentul yang digelar pada tahun 1996.

Jika digabung dengan dua kelas tersebut, Rossi juga pernah gagal menaklukkan beberapa sirkuit. Daftarnya adalah di A1 Ring (2x 125cc), Eastern Creek (1x 125cc), Istanbul (3x MotoGP), Jarama (1x 250cc), dan Johor (1x 250cc). Sedangkan sirkuit yang paling sering jadi langganan juara untuk pebalap asal Italia itu adalah di Assen Belanda, dan Mugello Italia. Pada masing-masing sirkuit tersebut ia telah tujuh kali keluar sebagai pemenang.

Namun jika digabung dengan kemenangannya di kelas yang lain, maka ada tiga sirkuit yang berhasil ditaklukkan “The Doctor” sebanyak sembilan kali. Selain Assen dan Mugello, ada juga Catalunya di Spanyol. (dim/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan