Rosberg Juara, Massa Podium Kali Pertama

[tie_list type=”minus”]Berkat Start Hebat[/tie_list]

SPIELBERG – Start sempurna membawa pebalap Mercedes Nico Rosberg menambah koleksi kemenangannya menjadi tiga kali pada musim ini. Sedangkan, suka cita kembali hadir di kubu Williams-Mercedes setelah Felipe Massa sukses meraih podium pertamanya yang sekaligus kedua kali beruntun untuk timnya.

Rosberg yang mengawali balapan dari posisi kedua memanfaatkan keuntungan tikungan pertama ke kanan untuk merangsek ke depan melewati pemegang pole position Lewis Hamilton. Sang juara bertahan mencoba memberi perlawanan, tetapi karakter sirkuit yang sempit menyulitkan usahanya itu.

Hamilton kemudian semakin jauh dari Rosberg. Sampai di sesi pertama balapan sebelum pit stop, selisihnya sudah hampir empat detik. Bencana datang karena Hamilton harus dijatuhi sanksi penalti lima detik gara-gara melewati garis batas putih saat keluar pit lane. Namun, pada akhirnya jeda tersebut bisa kembali dikepras Hamilton menjadi tiga detik, meskipun harus puas berdiri di runner-up.

’’Nico membalap dengan fantastis. Dia lebih cepat sedang aku melakukan start buruk. Aku sudah mencoba semaksimal mungkin,’’ seru Hamilton dikutip Crash.

Terus menguntit kedua Mercedes di belakang adalah Sebastian Vettel (Ferrari). Sempat menikmati sebagai pemimpin balapan, saat Rosberg melakukan pit stop, Vettel justru kelabakan ketika timnya terlalu lama melakukan pergantian ban pertamanya.

Alhasil, saat keluar pit lane posisi ketiganya yang sejak awal balapan terus dipertahankan diambil alih pebalap Williams-Mercedes, Felipe Massa. Posisi tiga besar tersebut terus bertahan hingga akhir bendera finis dikibarkan.

’’Balapan yang luar biasa kali ini. Kami berhasil melewati Sebastian (Vettel) setelah dia mengalami masalah di pit stop,’’ seru Massa yang girang merebut podium perdananya musim ini.

Dipisahkan oleh Sebastian Vettel di tempat keempat, pebalap Williams lainnya, Valtteri Bottas menggenapi lima besar GP Austria. Meski di atas kertas, Red Bull Ring adalah yang sulit untuk melakukan overtaking, Bottas membuktikan sebaliknya.

Memang butuh waktu 34 lap lamanya untuk menyalip rookie Max Verstappen (Toro Rosso-Renault) dan setelah itu Nico Hulkenberg (Force India-Mercedes) di putaran berikutnya. Sayang, gap dengan Vettel sudah lebih dari setengah menit dan mustahil untuk mengejarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan