Revitalisasi Pasar Tradisional Mulai Agustus

Pengelola: Jangan Kalah Sama Pasar Modern

SUKAJADI – Revitalisasi pasar tradisional dilakukan setiap 20 tahun sekali atau setiap habisnya Hak Guna Pakai (HGP). Sementara itu, HGP Pasar Sederhana sudah habis sejak tahun 2012 silam. Namun, rencananya pasar ini akan direvitalisasi mulai Agustus 2015 mendatang.

Uba Ruba’I, Kepala Pasar Pasar Sederhana mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari tempat pemindahan sementara pedagang. ’’Selama masa revitalisasi pedagang akan dipindahkan, saat ini masih di survey,’’ ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pihak pengelola sudah melakukan sosialisasi akan dilakukannya revitalisasi pada Agustus mendatang. Selain itu, hingga kemarin (17/2) dia mengaku tidak ada keluhan yang dilayangkan para pedagang menanggapi direvitalisasinya Pasar tersebut.

Sebagai kepala pasar, dirinya sangat mendukung dilakukannya revitalisasi pasar ini. Menurut dia, saat ini masyarakat kekurangan minat berbelanja di pasar tradisional. ’’Sekarang hampir setengah jongko di pasar kosong,’’ tambahnya.

Setelah pasar direvitalisasi, dia berharap pasar dapat bersaing dengan pasar–pasar modern yang saat ini sudah menjamur. Dia mengutip perkataan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, ’’Berbelanja di pasar tradisional itu penting. Kita bukan sekedar belanja, kita juga melakukan silaturahmi,’’ ujarnya.

Di lokasi, beberapa pedagang yang ditemui Bandung Ekspres mengaku, tidak menolak pelaksanaan revitalisasi. Seperti pengakuan Emat, pedagang daging. Namun, ekspresi wajah para pedagang seolah tidak peduli atau cuek. ’’Ya sudah biarin saja,’’ katanya. (mg7/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan