Rekam Tahap Pendidikan

Foto-foto orang yang pernah menjadi tokoh pendidikan di Indonesia terpampang di dinding museum. Di foto, itu berderet foto tokoh dan menteri pendidikan. Mulai dari, Ki Hajar Dewantara hingga Anies Baswedan. Di dalam museum pun, digambarkan kondisi dan suasana pendidikan di Jawa Barat.

Adapun koleksi barang di museum ini mencapai 200. Terdiri dari, alat tulis, kelengkapan guru, diorama dan lainnya. ’’Ada buku-buku pelajaran, koleksi rapot zaman kolonial tahun 1980an,’’ ujar Ketua pengembang Museum Pendidikan Nasional Erlina Wiyanarti.

Dia menjelaskan, untuk memilih koleksi-koleksi yang akan dipajang di museum itu tidaklah mudah. Sebab, harus yang benar-benar memiliki nilai sejarah dan pendidikan yang kuat. Bahkan, ia pernah mencari buku-buku hingga ke rongsokan.

Pihaknya juga menggandeng tim penilai koleksi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat dan dari Museum Sri Baduga untuk menilai barang-barang yang akan dipajang. Setiap barang yang didapatkan akan diteliti terlebih dahulu. Museum ini merupakan museum khusus pendidikan kedua setelah Jogjakarta. (fie/tam)

Tinggalkan Balasan