Rekam Tahap Pendidikan

 

[tie_list type=”minus”]Isi Museum Pendidikan Nasional UPI[/tie_list]

CIDADAP – Kota Bandung kini punya tempat belajar baru. Yakni, Museum Pendidikan Nasional. Museum yang terletak di komplek kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalan Setiabudhi, Kota Bandung ini, menampilkan sejumlah informasi mengenai tahapan pendidikan dari zaman dulu.

Museum Pendidikan Nasional UPI
AMRI RACHMAN D/BANDUNG EKSPRES

BERSEJARAH: Pengunjung mengamati koleksi barang yang ada di Museum Pendidikan Indonesia di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudi, kemarin (2/5). Meskipun sudah diresmikan, museum ini baru dibuka untuk umum mulai Agustus.

Bangunan lima lantai tersebut menyajikan informasi mengenai tahapan pendidikan di Indonesia. Di lantai pertama, museum ini menyajikan bagaimana awal mula pendidikan. Termasuk, terdapat salah satu koleksi kuno yang ada kaitannya dengan pendidikan, yaitu kertas tradisional daluang.

Di lantai kedua, dipamerkan beberapa foto suasana pendidikan pada zaman kemerdekaan. Selain itu, diperlihatkan pula suasana pembelajaran pada masa Hindia Belanda abad ke-20.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi adanya Museum Pendidikan Nasional ini. Menurut dia, tahapan-tahapan pendidikan, khususnya di Jabar terekam dengan baik di museum ini. ’’Kalau masyarakat ingin tahu riwayat pendidikan di Jabar masuk saja ke sini,’’ tutur dia kepada wartawan di lokasi peresmian museum kemarin (2/5).

Aher—sapaan akrabnya—bahkan berniat menyumbangkan barang untuk disimpan di museum tersebut. ’’Apapun yang sejarah atau kalau bisa rapot saya boleh juga. Dari SD SMP dan SMA bagus rapot saya, nggak memalukan, nggak ada yang merah,’’ ujar dia berseloroh.

Beberapa buku-buku pelajaran pada saat itu pun dipamerkan di museum tersebut. Sejumlah buku tampak sudah berwarna cokelat, namun, tetap saja memiliki nilai historis yang tinggi. Dipajang pula beberapa diorama mengenai suasana pendidikan di Indonesia.

Tak ketinggalan, sejarah UPI pun turut diekspos. Ditampilkan sebuah ruangan kelas UPI pada saat masih bernama PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru). Kursi mahasiswa pada saat TPTG pun masih berupa bangku yang terbuat dari kayu. Bangku itu pun masih asli, bahkan masih bertuliskan TPTG di sisi bangkunya.

Tinggalkan Balasan