Realisasikan Janji Politik

[tie_list type=”minus”]Abubakar Resmi Luncurkan Kartu Smart Ketenagakerjaan[/tie_list]

BATUJAJAR – Bupati Bandung Barat, Abubakar merealisasikan janji politiknya dengan meluncurkan Kartu Cermat Bidang Ketenagakerjaan bagi masyarakat ekonomi yang kurang mampu. Kartu tersebut merupakan langkah yang digagas bupati pada masa kampanye untuk menyejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung Barat. ”Ini merupakan janji politik saya. Makanya secara resmi Kartu Cermat ini diluncurkan,” kata Abubakar kepada wartawan usai me-launching Kartu Cermat Bidang Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di PT Carillon Indoprima Jalan Raya Batujajar, kemarin (23/4).

Menurutnya, diluncurkannya kartu cermat ini, mengingat sebanyak 30 persen masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang masih dikategorikan belum sejahtera (Pra KS). Untuk itu, sebagai perwujudan program pemerintah pusat yang mendorong untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Kartu Cermat ini diharapkan bisa tepat sasaran khusus bagi masyarakat tidak mampu.

Melalui program tersebut, kata dia, bisa mengatasi persoalan kemiskinan yang secara khusus melalui program tersebut, bisa mencetak wirausahawan yang mandiri. ”Pelatihan serta pemagangan di bidang ketenagakerjaan merupakan agenda pemerintah pusat yang didorong kepada pemerintah daerah untuk mengimplementasikannya kepada masyarakat kurang mampu,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrasn) KBB, Heri Pratomo menerangkan, hingga tahun 2015 pihaknya akan menerbitkan 5.000 Kartu Cermat yang akan dibagikan secara bertahap. Adapun orang yang menjadi target pelatihan dan pemagangan di KBB, pada tahun 2015 pihaknya baru melaksanakan 600 orang untuk pemagangan, dan 700 orang untuk pelatihan keterampilan.

”Kita bekerjasama dengan FKJP (Forum Komunikasi Jaringan Pemagangan) serta beberapa pengusaha. Ke depan kita perlu mengajak lagi perusahaan lainnya agar bisa bergabung untuk memberikan pelatihan dan pemagangan,” bebernya.

Sementara itu, diakui salah seorang penerima Kartu Cermat, Edwar Hamdani, 21, warga Kampung Babakan Cianjur Desa Gadobangkong Kecamatan Ngamprah, dengan adanya Kartu Cermat ini sangat membantu kepada lulusan sekolah untuk meningkatkan keterampilan dan juga kemampuan dengan melalui tahapan pelatihan dan pemagangan.

”Saya sudah lulus sekolah. Dengan mendapatkan kartu ini akan menambah ilmu yang luar biasa. Karena, pelatihan dan pemagangan yang akan saya ikuti ini akan menjadi bekal saya ke depan dalam menggeluti dunia pekerjaan,” tandasnya. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan