Rajai Eropa Dengan Bintang Lima

[tie_list type=”minus”]Valencia Lengkapi Dominasi [/tie_list]

Andaikan masih hidup, Napoleon Bonaparte pasti akan malu besar apabila datang ke Stade Louis II. Bukannya melihat Prancis kembali menguasai Spanyol dan juga Eropa seperti pada masanya, melainkan menyaksikan euforia bangsa Spanyol menguasai Eropa di Monaco.

Bukan Bartolomeu Dias, Fernando de Magelhaens, ataupun Juan Sebastian Elcano yang menaklukkan dataran Prancis. Melainkan seorang panglima yang bernama Nuno Espirito Santos. Dengan pasukan Valencia-nya, dia mampu membuat public Prancis menunduk dan mengangkat topi.

Tidak ada kesedihan begitu Andrea Raggi dan Eiderson Echiejile menghukum Matthew Ryan. Cukup dengan balasan dari Alvaro Negredo sudah membuat Nuno Espirito berani mengepalkan tangan tanda kemenangan atas wakil Prancis. Sekalipun kalah 1-2, El Che lolos dengan agregat 4-3 setelah menang 3-1 di Mestalla.

Melenggangnya Valencia ini dari fase playoff kali inimelahirkan histori baru dalam persepak bolaan di Benua Biru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah 60 tahun Liga Champions ada satu negara yang berhasil meloloskan hingga lima wakilnya sekaligus ke fase grup.

Sebelum Valencia, empat klub kontestan Primera Division lainnya yang sudah menyegel tempat di Liga Champions adalah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan terakhir Sevilla. Nama yang terakhir disebut lolos langsung ke Liga Champions melalui jalur juara Europa League 2014-2015.

Bagi Valencia, kelolosannya ke Liga Champions ini mengakhiri penantian tiga tahunnya berlaga di fase grup. Terakhir, pada edisi 2012-2013, Valencia mampu berlari hingga fase 16 Besar. ’’Dan sekarang tantangan baru dan masa depan baru menunggu kami. Valencia adalah klub Liga Champions,’’ koar Nuno Espirito, sebagaimana dikutip dari situs resmi Primera Division.

Pertaruhan masa depan baru bagi Valencia itu akan dimulai pada drawing fase grup Liga Champions, malam nanti. Masih di daratan Prancis, tepatnya di Grimaldi Forum, Monaco hegemoni Spanyol bersama pasukan Nuno Espirito ini akan ditentukan. Siapa yang bisa menghadang hegemoni Spanyol dan lima wakilnya?

Valencia sendiri memulai pengundian dari pot 2. Berdasarkan aturan, Valencia tidak akan melakoni perang saudara dengan sesama wakil Spanyol. Terutama Barca yang bertengger di pot unggulan, atau Sevilla yang berada di pot ketiga. Jadi, tinggal pilih saja dari Chelsea, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Paris Saint-Germain (PSG), Zenit St Petersburg atau PSV Eindhoven.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan