PT DAM Menggelar Safety Riding Competition

BANDUNG – PT Daya Adicipta Mustika (DAM) menggelar acara ”Safety Riding Competition” di mal Bandung Timur Plaza (BTP), Jalan AH Nasution, Kota Bandung, kemrin (28/5). Acara yang berlangsung pukul 09.00–15.00 WIB tersebut untuk mencari wakil Jawa Barat sebagai peserta lomba Safety Riding tingkat nasional di bulan Agustus mendatang di Palembang.

Sebanyak 17 biker yang merupakan perwakilan dari paguyuban motor Honda di Jawa Barat dan 16 jurnalis dari berbagai media di Jakarta dan Jawa Barat adu keterampilan dalam Kompetisi Safety Riding khusus jurnalis dan komunitas.

Marketing Communication DAM Aris Djatmiko menyatakan, kontes Safety Riding ini merupakan tindak lanjut pelatihan safety riding yang pernah diadakan oleh DAM pada bulan April lalu.

Safety Riding tidak cukup kalau diberikan hanya secara teori. Dengan kompetisi ini, kita bisa menilai sejauh mana dari 14 peserta yang hadir dari perwakilan kota di Jabar ini mampu menyerap edukasi yang sudah diberikan,” terang instruktur Safety Riding PT DAM Aldea Henry kepada Bandung Ekspres kemarin.

Aldea mengatakan, ada dua kompetisi safety riding yang dilombakan sekarang yaitu, Narrow Plank (papan keseimbangan) dan Slalom Course. ”Narrow Plank untuk menguji keterampilan menjaga keseimbangan dengan kecepatan ekstra pelan. Sedangkan Slalom Course, menguji keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara sesuai kompetensi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, PT DAM sebagai pihak penyelengara Safety Riding Competition mengambil dua pemenang yang memiliki nilai tertinggi berdasarkan beberapa uji kompetisi yang telah dijalani oleh para peserta.

Dia menjelaskan, peserta diuji berkendara melintasi papan titian dalam kecepatan sangat rendah tanpa menurunkan kaki dan tetap mempertahankan postur berkendara yang ideal. Ujian lainnya yang menantang adalah ujian slalom course. Di mana keterampilan berkendara diuji secara akurat dan cepat di lintasan yang dirancang khusus. Para peserta lomba tidak boleh menyentuh pembatas jalur pijakan kaki di aspal saat bermanuver.

”Dua sesi ujian inilah yang dijadikan catatan para juri untuk menentukan pemenang safety riding competition. Kendaraan yang digunakan untuk kompetisi safety riding kali ini ialah sepeda motor Honda CB150R,” papar dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan