Promosikan Pesawat di KAA

SUMUR BANDUNG – Menjelang penyelenggara Konferensi Asia Afrika pada April nanti, Kementerian Perdagangan berencana menjadikan momen tersebut sebagai ajang promosi industri dalam negeri. Salah satu yang dipusatkan, penjualan pesawat.

Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Rahmad Gobel mengatakan, akan memamerkan beberapa produk unggulan PT Dirgantara. Di antaranya pesawat dan helikopter kepada para peserta KAA.

’’Produk PT DI merupakan produk unggulan dan buatan anak negeri. Jadi sudah selayaknya untuk dipamerkan dan agar negara lain bisa tertarik untuk membelinya,” jelas Rahmad, usai rapat koordinasi tiap kementerian di Kota Bandung, kemarin (10/3)

Selain produk PT DI, pihaknya juga akan menampilkan beberapa produk andalan lainnya. Meski, dia tidak merinci, apa saja produk yang akan dipamerkan nanti. ’’Yang terpenting dalam even KAA ini saya selalu berpikir agar bisa memanfaatkan Indonesia untuk bisa menjual,” jelas dia

Menurutnya, Indonesia terutama Kota Bandung dan Jawa Barat harus memanfaatkan even ini untuk berpromosi. Bagi dia, sayang kalau ternyata Indonesia tidak bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Khusus untuk pesawat, dia juga mengusulkan untuk menjual pesawat PT DI dalam limited edition. Yaitu, pesawat dengan label Pesawat Asia Afrika. ’’Saya usulkan pesawat yang kita jual ini bisa menjadi pesawat Asia Afrika,” jelas Rahmad.

Dengan kekhususan tersebut, Rahmad berharap, menjadi daya tarik tersendiri untuk meraih market para peserta KAA. Terlebih, peserta yang datang adalah kepala negara. Disinggung bagaimana secara teknisnya dalam penawaran pesawat tersebut, dirinya enggan menuturkannya. Pasalnya, permasalahan ini bisa dibahas lebih lanjut dan melibatkan banyak pihak.

’’Memang bisa kita pamerkan. Ini kesempatan yang baik agar kolaborasi antara seni budaya dan teknologi dalam penyelenggaraan KAA ini bisa bersinergi dan membawa kesan tersendiri bagi peserta KAA,” pungkas Rahmad. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan