Prof Hanggono Tertinggi

Sementara itu, setelah diajukan kepada Menristek, akan dilanjutkan pada pemilihan tahap ketiga. Yakni, memilih rektor definitif pada Kamis (12/2) nanti. Yang dihadiri oleh senat biasa dan Menteri atau yang mewakilinya.

Masih mengacu pada Permen Nomor 33 Tahun 2012, pelaksanaan pemilihan menggunakan syarat quorum. Yakni, sebanyak dua per tiga DPT harus menghadiri sidang. ”Termasuk, Menteri atau yang mewakilinya,” Kata Soeparna.

Disinggung mengenai praktik lobi, seluruh calon sepakat tidak melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan etika. Mereka hanya akan melaksanakan kegiatan yang dijadwalkan dan diketahui oleh panitia. ”Seperti undangan audiensi dari BEM,” kata Tri Hanggono, salah satu calon terpilih.

Calon terpilih lain Rina Indiastuti mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan proses akademik. Sehingga, dalam pelaksanaan pemilihan harus dilakukan secara objektif dan rasional. ”Tanpa ada unsur kepentingan apapun,” tegasnya.

Sesuai dengan pola akademis, para calon tidak akan memanfaatkan momen yang berkaitan dengan lobi atau semacamnya. Karena, pada prinsipnya pemilihan ini bukan dengan perebutan kekuasaan. ”Tetapi bagaimana memajukan Unpad ke depannya,” ungkap Hendarmawan. (mg2/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan