Pertandingan Sepeda BMX PON di Ciamis

PANITIA Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XIX/2016 Jawa Barat memastikan lokasi pertandingan cabang olahraga (cabor) sepeda BMX akan digelar di Kabupaten Ciamis.

”Hasil dari tim technical delegate, mereke merekomendasikan di satu tempat untuk cabor BMX yakni di Ciamis,” kata Kabid Sarana dan Prasarana PB PON XIX/2016 Jawa Barat Bambang Riyanto, di Bandung.

Dia menuturkan, alasan dipilihnya Kabupaten Ciamis sebagai lokasi pertandingan cabor sepeda BMX karena dinilai telah memenuhi syarat dan standar.

”Di sana (Kabupaten Ciamis), memang dalam tahap pembangunan venuenya, tapi di sana sudah dianggap memenuhi syarat dan standar,” ujar Bambang.

Sebenarnya, kata dia, PB PON XIX/2016 Jawa Barat, merekomendasikan dua wilayah untuk cabor sepeda BMX yakni di Kabupaten Ciamis dan Kota Cimahi.

”Namun setelah ditinjau oleh tim technical delegate, mereka menyarankan di satu tempat saja dan diputuskan di Ciamis,” ujarnya.

 Sementara itu, Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XIX/2016 Jawa Barat, Iwa Karniwa menambahkan dengan dipastikannya lokasi pertandingan cabor sepeda BMX di Kabupaten Ciamis maka ada 15 kabupaten/kota di Jawa Barat yang dijadikan lokasi pertandingan.

”Memang awalnya Ciamis tidak termasuk sebagai tuan rumah pergelaran pertandingan. Pada mulanya venue hanya disebar di 14 kabupaten/kota se-Jabar. Namun sekarang bertambah jadi 15 kabupaten/kota,” kata Iwa.

Dikatakan dia, semangat kuat Bupati Ciamis yang juga didukung masyarakatnya agar ada cabor yang dipertandingkan di daerah menjadi dasar PB PON XIX/2016 Jabar dan KONI Pusat untuk memindah veneu cabor sepeda BMX ke Ciamis.

”Kabupaten Ciamis juga selama ini identik dengan olahraga balap sepeda. Selama ini atlet sepeda Ciamis telah mengharumkan nama Jawa Barat, bahkan Indonesia,” kata dia. (ant/mio)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan