Pemkot Cimahi Respon ISC

[tie_list type=”minus”]Pramuka Bisa Meningkatkan Kreativitas Siswa[/tie_list]

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi menyambut baik rencana digelarnya Indonesia Scout Chalange (ISC) yang bakal digelar Jawa Pos dalam waktu dekat ini. Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Hj. Sri Nurul Handayani mengatakan, Pemkot Cimahi mengpresiasi rencana yang dilakukan Jawa Pos dalam ajang lomba Pramuka di beberapa provinsi di Indonesia.

”Kami menyambut baik apa yang dilakukan oleh Jawa Pos dalam lomba Pramuka tersebut,” katanya, kemarin, belum lama ini.

Menurut dia, pihaknya meminta kepada Disdikpora Kota Cimahi untuk menyosialisasikan kepada seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kota Cimahi. Pasalnya, pramuka merupakan sarana untuk meningkatkan kreativitas kecerdasan anak, memupuk rasa tanggung jawab dan kemandirian anak. ”Kami berharap para siswa yang ada di Kota Cimahi bisa ikut serta dalam lomba pramuka di ajang ISC ini,” sebutnya.

Diharapkan, kata Nurul, dari 122 SD yang ada di Kota Cimahi, dapat mengirimkan 150 regu pramuka dalam lomba pramuka ISC ini. Karena dengan demikian, akan memotivasi para siswa untuk lebih berkreasi lagi khususnya dalam hal pramuka. Selain bisa memotivasi siswa dengan pramuka para siswa akan lebih meningkatkan daya kreativitasnya, khsusunya yang berkaitan dengan kedisiplinan, kemandirian dan tanggung jawab, serta mempererat tali silaturahmi.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Seksi Pemuda Disdikpora Kota Cimahi. Pihaknya mengakui, saat ini kegiatan pramuka di sekolah-sekolah belum bisa berkembang sesuai harapan. Dengan adanya ISC, akan ada respon positif di masing-masing sekolah, karena kegiatan Pramuka merupakan sarana yang baik untuk meningkatkan daya kreativitas siswa.

Dijelaskan Deden, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Cimahi pimpinan Itoc Tochija. Selama ini, ada alokasi dana Bantuan Operasional (BOS) di sekolah banyak tidak terserap, karena masih jarangnya lomba pramuka. ”Mudah-mudahan dengan ISC ini dana Bos kegiatan Pramuka bisa terserap, kami segera akan melakukan sosialisasi kepada sekolah, mudah-mudahan acara ini bisa dikolaborasikan dengan kegiatan yang akan digelar Kwarcab Kota Cimahi,” jelasnya. (mgc1/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan