Pemkab Terus Tambah Ruang Publik

[tie_list type=”minus”]Rancang Dua Alun-alun[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Pemkab Bandung Barat berencana akan membangun dua alun-alun atau tempat ruang publik. Rencananya, lokasi akan dipusatkan di wilayah Saguling dan juga di Ngamprah tepatnya di area Perkantoran Pemkab Bandung Barat.

”Kita memang berencana membangun dua alun-alun baru. Untuk di Saguling kita siapkan lahan seluas 5 hektar. Sementara di Ngamprah ada tanah di dekat kantor pemkab dengan dilengkapi taman,” kata Bupati Bandung Barat Abubakar kepada wartawan di Ngamprah kemarin.

Abubakar menyatakan, saat ini ada dua alun-alun yang sudah ada di Kabupaten Bandung Barat mulai dari alun-alun Cililin dan Lembang. Ke depan, kata orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat ini, tidak menutup kemungkinan bahwa keduanya juga akan dilakukan revitalisasi.

”Itu teknisnya ada di dinas terkait. Tapi arah ke sana ada tentunya, agar alun-alun jauh lebih baik. Anggarannnya bisa dari APBD atau lainnya (CSR perusahaan),” ungkapnya.

Diungkapkan Abubakar, sebetulnya fungsi alun-alun tentu dibutuhkan. Apalagi, di wilayah pedesaan dengan suasana yang berbeda dengan perkotaan, perlu ada pembenahan fasilitas alun-alun. ”Fasilitas publik ini akan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang ingin bermain bersama warga. Sehingga, dibutuhkan penataan fasilitas yang nyaman,” terangnya.

Alun-alun yang akan dibangun di kawasan Saguling tentu mewakili warga sekitar agar memiliki fasilitas ruang publik. Selain itu, di Alun-alun Saguling akan dilengkapi untuk tempat upacara. ”Mudah-mudahan bisa terbangun dalam waktu dekat. Kita sedang persiapkan pembangunannya,” ujarnya.

Rencana pemeritah tersebut disambut baik warga Ngamprah, Sudrajat Arman, 35. Menurutnya, wilayah Padalarang, Ngamprah dan sekitarnya membutuhkan ruang publik bagi masyarakat seperti alun-alun. Area tersebut akan memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk berinteraksi di luar rumah.

”Kalau sekarang kan belum ada alun-alun di area kami. Apalagi kawasan Ngamprah ini jadi pusat pemerintahan,” ujarnya.

Lokasi alun-alun yang nantinya akan dibangun di area kantor pemkab, diakuinya sangat tepat. Mengingat perkantoran ini perlu adanya suasana penghijauan seperti taman. ”Kalau alun-alun dipadukan dengan taman, nanti suasana kantor Pemkab akan semakin hijau dan nyaman. Sebab, kalau sekarang lihat, kantor pemkab cukup gersang,” tandasnya. (drx/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan