Pemda Pengendali Inflasi

Bertugas Menjaga Stabilitas Harga Bahan Pokok

LEMBANG – Meskipun tidak memiliki kapasitas dalam perekonomian nasional, tapi peran Pemerintah Daerah memberikan andil yang cukup besar dalam menjaga stabilitas harga dan perekonomian masyarakat. Dengan kapasitas yang minimal, Pemda memiliki peran cukup penting dalam mengendalikan tingkat inflasi nasional. Hal tersebut diutarakan Wakil Bupati Bandung Barat, Yayat T. Soemitra pada acara High Level Meeting (HLM) Tim Pengendaliaan Inflasi Daerah (TPID) Tingkat Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015 di Lembang, kemarin (22/3).

Pemda Pengendali Inflasi - bandung ekspres
ISTIMEWA
KENDALIKAN INFLASI: Peran Pemerintah Daerah menjadi ujung tumbak pemerintah pusat dalam mengendalikan harga kebutuhan masyarakat.

Karena menurutnya, sebagai bagian dari NKRI, Pemda memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas harga, terutama bahan kebutuhan pokok untuk menjaga serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. ”Jadi, persaingan perekonomian tidak hanya terjadi antar negara di tingkat Internasional saja, tetapi antar provinsi dan kab/kota dalam suatu negara pun tetap bersaing. Setidaknya untuk tetap menjaga stabilitas harga dan menekan angka inflasi di tingkat lokal yang akan berpengaruh pada tingkat inflasi nasional,” terang Yayat.

Hal tersebut, kata dia, bertujuan untuk memupuk kemandirian pemda agar bisa berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) meski sepintas bertentangan dengan kewajiban Pemda. Untuk menjalin kerjasama dengan daerah lain. Salah satu bentuk kemandirian yang bisa diaplikasikan di tataran Pemda Kabupaten Bandung Barat adalah dengan program One Village One Product.

”Sehingga ada produk unggulan tertentu yang dihasilkan setiap wilayah tanpa melemahkan produk wilayah lainnya. Diharpakan terjadi sinergisitas dan kerjasama antar wilayah dalam suatu daerah untuk saling mengisi satu sama lain agar perekonomian wilayah bisa terus berputar dan meningkat,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, harus ada kebijakan dan tindakan nyata dari pemda serta pelaku ekonomi untuk menekan angka inflasi agar tidak berpengaruh pada menurunnya daya beli masyarakat. Karena salah satu tugas berat pemda yakni terus meningkatkan daya beli masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Bandung Barat, Eriska Hendrayana mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat inflasi tahun 2014 lalu dan melakukan perencanaan kerja untuk tahun 2015 tingkat Kabupaten Bandung Barat. ”Tujuan utamanya agar terpantaunya tingkat inflasi yang terkendali dan stabil dalam rangka mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat serta para pelaku ekonomi,” bebernya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan