Pelampiasan Kegagalan Ronaldo

MUSIM ini adalah musim yang buruk bagi karir Christiano Ronaldo jika menilik kontribusinya terhadap tim. Tiga target yang disasar bersama Real Madrid yakni Liga Primeira, Copa del Rey dan Liga Champions, tak ada satupun yang bisa dicapai.

 Christiano Ronaldo
Christiano Ronaldo

Kondisi ini sempat dia alami di musim 2012/2013. Suatu hal yang ironis mengingat sejak membela Sporting Lisbon tahun 2002 silam, Ronaldo selalu berhasil memberi minimal satu gelar setiap tahun pada tim yang dia bela, baik itu di Manchester United maupun Real Madrid.

Meski begitu secara individual Ronaldo mampu memberikan prestasi yang mengaggumkan di musim ini. Selain meraih Ballon d”Orr, total 66 gol berhasil dia jaringkan di berbagai ajang. Hattrick yang dia buat ke gawang Armenia pada kualifikasi UERO 2016, minggu dini hari lalu (14/6) mempertegas eksistensi kemampuan individualnya itu.

Hattrick ke gawang Armenia adalah hattrick secara beruntun yang dia buat di kompetisi Sebelum melawan Armenia, Ronaldo pun mencetak hattrick ke gawang Getafe (27 Mei) dan Espanyol (17 Mei) pada dua laga penutup kompetisi La Liga. Hattrick ini adalah torehan kesembilan yang dia lakukan pada musim ini.

Tiga golnya ke gawang Armenia membawa Portugal menang dengan skor 3-2. Dia mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-29. Gol ini adalah gol penyama kedudukan setelah Portugal tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Armenia pada menit ke-14 melalui Marcos Pineiro Pizzelli.

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-55 dan ke-58 pemain berjuluk CR7 ini membawa Portugal memimpin 3-1. Bek Armenia, Hrayr Mkoyan memperkecil kedudukan jadi 3-2 pada menit ke-73.

Kemenangan ini membawa Portugal merebut puncak grup I dengan mengemas 12 poin dari empat menang dan satu kalah. Satu kaki telah dilangkahkan Portugal di Perancis Negara tuan rumah EURO 2016-, jika mereka terus kalah pada laga-laga selanjutnya pun Portugal masih bisa tetap lolos dari fase playoff.

Pujian pada Ronaldo mengalir deras. Asisten pelatih, Ilidio Vale, mengakui dirinya tak bisa menutupi perasaan gembiranya. Faktor Ronaldo jadi salah satu penentu kemenangan itu. ”Kami sangat senang memiliki pemain terbaik di dunia, dia telah memberikan kontribusi banyak untuk kualitas tim Portugal,” katanya kepada AFP.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan