Pedrosa Bisa Pensiun Dini

[dropcap]D[/dropcap]i tengah keseruan GP Qatar yang banyak membawa berita menyenangkan, kabar sedih datang dari bintang Repsol Honda Daniel Pedrosa. Performanya yang tak kunjung membaik ternyata diakibatkan cedera lengan bagian bawah (arm pump) menahun. Kemungkinan terburuk, rider 29 tahun itu akan mundur dari MotoGP musim ini.

Pedrosa
Pedrosa

Setelah memulai balapan dari posisi kedua di depan rekan setimnya Marc Marquez Minggu (29/3), Pedrosa melorot ke posisi keenam pada akhir lomba. Kesakitan di lengan kanannya itu kembali menghantuinya sepanjang balapan.

Arm pump atau compartmental syndrome, adalah cedera yang jamak diderita pembalap motor. Saat kambuh, cedera ini mengakibatkan penderitanya kehilangan kekuatan dan rasa di pada lengan bawah. Sebagian besar pembalap menjalani operasi untuk mengurangi gejalanya.

Yang mengkhawatirkan, Pedrosa sudah dua kali menjalani operasi pada lengan kanannya. Terakhir dilakukan setelah GP Jerez musim lalu. Tim dokter memperingatkan bahwa operasi ketiga bisa berdampak lebih buruk karena dikhawatirkan akan semakin banyak jaringan otot lengan yang rusak.

’’Ini sudah berlangsung satu tahun. Jadi musim lalu (2014) aku selalu berjuang dengan sakit di lenganku di setiap balapan. Aku tidak bisa tampil maksimal sejak saat itu,” ungkap Pedrosa usai balapan GP Qatar. Kondisi tersebut tidak diungkapnya kepada publik meski pihak Repsol Honda tahu mengenai hal itu.

Sepanjang jeda musim dingin Pedrosa berusaha mendatangi sejumlah dokter di beberapa negara untuk menjadi pendapat alternatif. Sayang semuanya merekomendasikan agar tidak melakukan operasi ketiga karena berisiko besar.

’’Aku menaatinya dan melakukan tindakan lain tanpa harus menjalani operasi,’’ tandasnya.

Melihat kondisinya yang semakin buruk di GP Qatar, rider yang sudah memenangai 26 balapan bersama Repsol Honda itu menyatakan situasinya sulit saat ini. ’’Aku tidak bisa melanjutkan balapan dan tampil (di MotoGP) dalam kondisi seperti ini. Jadi rencanaku akan mencari solusi dulu untuk lenganku. Aku tidak tahu apa yang akan terjadi,’’ paparnya.

Dengan pernyataan tersebut keikutsertaan Pedrosa di GP Austin awal bulan depan dipertanyakan. Ada kemungkinan, rider yang bergabung dengan Repsol Honda sejak 2006 itu bakal absent di sisa musim. ’’Saya akan mengumumkan keputusannya dalam waktu dekat,’’ lanjutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan