Panwas Gelar Pengawasan Verifikasi

[tie_list type=”minus”]Terjunkan Anggota PPK dan PPS ke Lapangan[/tie_list]

SOREANG – Hingga kini, hanya satu calon independen yang lolos berdasarkan hasil rapat pleno di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung. Mereka adalah pasangan Dadang M Naser – Gun Gun Gunawan.

Verifikasi
JP PHOTO

VERIFIKASI: Demi mendapatkan keabsahan data, sejumlah petugas harus memperhatikan detail yang telah diberikan oleh calon kepala daerah.

Pasangan ini dipastikan telah siap untuk dilakukan verifikasi PPK tingkat kecamatan. ’’Kita sudah mulai memasuki tahap pelaksanaan tahap verifikasi faktual syarat dukungan pasangan bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan alias independen, yang akan dilakukan mulai 23 Juni hingga 6 Juli mendatang. Jadi, pelaksanaannya dilakukan di tingkat kecamatan oleh PPK dan desa oleh PPS,’’ tutur Komisioner KPU Kabupaten Bandung Yudhaningsih kepada wartawan kemarin (22/6).

Dia menambahkan, verifikasi faktual pendukung calon perseorangan akan melibatkan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). Para petugas akan turun langsung ke lapangan untuk memeriksa bukti syarat dukungan, yang sebelumnya diajukan masing-masing bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan.

’’Misalnya, memeriksa keabsahan kartu tanda penduduk (KTP) yang sebelumnya diklaim sebagai pihak yang mendukung pasangan calon tersebut,’’ tuturnya.

Sementara itu, Panwas Kecamatan Soreang Nana Kusnandi membenarkan jika pengawasan yang dilakukan juga melibatkan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) desa sebanyak 10 orang.

’’Kami memang telah ditugaskan untuk melaksanakan pengawasan di PPK dan PPS, dimana verifikasi pasangan calon perseorangan telah dilaksanakan PPK. Untuk itu, kami mewanti-wanti agar pengawasan yang dilakukan Panwascam dan PPL agar dilakukan secara teliti dan seksama,’’ papar Nanan.

Dia juga mengatakan, sebelumnya Panwaskab telah meminta Panwascam untuk melaksanaklan rakor dengan PPL terkait dengan teknis pengawasan selama verifikasi berlangsung di PPK dan PPS. ’’Sebanyak 10 PPL kami berikan dulu bimbingan teknis agar meraka dapat menjalankan tugasnya dengan baik,’’ tuturnya.

Di Kecamatan Soreang, terdapat 2.705 dukungan yang diberikan masyarakat kepada pasangan Dadang Naser-Gun Gun. Masing-masing tersebar di 10 desa dengan jumlah berbeda-beda. (gun/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan