Pamor Bacan Hingga ke Mancanegara

Selain Bernilai Seni, Dipercaya Mengandung Khasiat

CIMAHI – Batu akik kini menjadi fenomena di kalangan masyarakat luas, beragam jenis batu pun mulai bermunculan. Dari sekian banyak batu akik, batu bacan nampaknya masih tetap menjadi buruan para pecinta batu.

batu-bacan-bandung-ekspres
MAKIN DIGEMARI: Batu akik jenis bacan mulai digandrungi para pecinta batu. Kalangan pemula pun mulai memburunya., Baca

Nama batu bacan itu sendiri diambil dari sebuah nama pulau yang ada di Indonesia bagian timur, tepatnya Maluku Utara. Yakni, pulau Bacan atau terletak tak jauh dari pulau Kasiruta yang merupakan penghasil batu bacan terbesar.

Pamor batu bacan menguat beberapa tahun belakangan ini di kalangan peminat batu di Indonesia. Bahkan, kabarnya hingga ke mancanegara.

Menurut ketua Komunitas Pecinta Batu Akik Cimahi Hendi Purwa, batu akik jenis bacan ini memang sedang banyak diperbincangkan oleh para pecinta batu akik di Indonesia. Sebabnya, keunikan dari batu tersebut yang mampu berubah-ubah warna.

”Betul, memang sekarang batu akik jenis bacan ini banyak dibicarakan dan dicari sama pecinta batu. Bacan ini tergolong batu yang unik, karena bisa berubah warna dengan sendirinya,” ujarnya.

Hendi menjelaskan, setidaknya ada tiga jenis batu bacan yang dikenal masyarakat. Yakni, Bacan Obi, Bacan Palamea, dan Bacan Doko.

”Untuk bacan doko, keunikannya, batu itu bisa berubah warna, dari mulanya berwarna gelap dan nggak tembus cahaya, lama kelamaan batu itu berubah warnanya menjadi hijau. Malah tidak sampai di situ, batu ini pun masih berubah lagi dalam proses ’pembersihan’ hingga menjadi hijau bening seperti air. Sama dengan bacan jenis Palamea. Kalau Palamea warnanya hijau kebiru-biruan. Kalau bacan Obi, keunikannya dilihat dari warna, dan warnanya juga beragam cuma kalau Obi tidak berubah warna,” Jelasnya.

Untuk mempercepat proses perubahan warna, biasanya pemilik batu bacan akan terus-menerus memakainya. Sebab, bacan tidak hanya mampu hidup dan berubah warna secara alami, tetapi untuk beberapa jenis dapat menyerap senyawa lain dari bahan yang melekat terhadapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan