Pahami Customer Experience

[tie_list type=”minus”]MarkPlus Buka Trik Memanfaatkan Internet [/tie_list]

BANDUNG – MarkPlus Inc Bandung menggelar pertemuan bulanan ketiga dengan mengusung tema Understanding Customer Experience in the Digital Era di MarkPlus Center for Technology and Hospitality Jalan Terusan Dr Sutami, Kav. 7-8, Bandung, belum lama ini.

Pertemuan ketiga ini mengulas tentang bagaimana cara memahami customer experience yang sudah semakin kompleks.

Ketika mayoritas orang sudah tehubung di dunia internet, memberikan pelayanan personal menjadi tidak sesimpel dahulu.

Executive Director MarkPlus Levina Yulianti mengatakan, perubahan (change) yang terjadi dewasa ini salah satunya karena jumlah pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan survei MarkPlus Insight 2014, pengguna internet sudah mencapai 78 juta orang. Bahkan trend online shopping menunjukkan pertumbuhan yang cukup pesat selama 5 tahun terakhir dengan pertumbuhan lebih dari 100 persen di dua tahun terakhir.

Marketeers tentunya tidak akan tinggal diam melihat fenomena ini. Justru sebaliknya mereka berupaya dan berinovasi untuk bisa tetap membina customer engagement dalam kondisi ini. Kuncinya adalah dengan tetap memperhatikan customer experience untuk bisa memberikan pelayananan personal di dunia digital,” ujar Levina.

Sementara itu, pembicara utama Tanja Berber Giordano dari Sitecore menunjukkan, bahwa apa yang bisa dilakukan untuk memahami customer experience di era digital. Mengambil contoh dari beberapa klien yang pernah ditangani seperti Nissan dan StarJet, Tanja membuka wawasan audience tentang pemahaman terhadap customer experience di level yang lebih tinggi. Audience dibekali beberapa tools dan pertanyaan untuk mempersiapkan bisnis mereka untuk lebih memahami customer-nya.

Di tempat yang sama, perwakilan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Heru Agung mengatakan, informasi tentang apa yang dilakukan Telkom dalam upaya menyediakan layanan terpadu bagi customer-nya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 orang.

Diskusi ketiga ini cukup menarik dan memperlihatkan antusiasme dari member MarkPlus Center for Technology and Creativity untuk memahami apa yang terjadi di era digital. (kha/fik)

Tinggalkan Balasan