Nyanyian dan Yel – Yel Murni Spontanitas di Stadion

Melongok Kiprah Para Suporter PS TNI di Piala Jenderal Sudirman

Dukungan menggelora prajurit dari ketiga angkatan turut berperan atas kesuksesan PS TNI selama fase penyisihan. Siap melanjutkan support di delapan besar, dengan jumlah lebih besar.

MOCH. APRIDIO KURNIA A, Sidoarjo

’’Yoo ayoo…ayo TNI… kuingin kita harus menang.’’

SUARA ribuan pria berambut cepak itu menggema ke seluruh penjuru Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tanpa henti, selama 90 menit laga berjalan. Chant khas suporter sepak bola di atas dinyanyikan, bergantian dengan Mars TNI.

Dampaknya, tim yang mereka dukung, PS TNI, pun tampil demikian energik Senin malam lalu itu (30/11). Persib, kampiun Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015, dibuat kewalahan dan akhirnya menyerah 0-2.

Kemenangan tersebut memastikan Legimin Raharjo dkk menjuarai grup C Piala Jenderal Sudirman

Tiket ke delapan besar sejatinya sudah mereka kantongi saat menghajar Persela 4-2 di laga sebelumnya (24/11). Total dalam empat laga, tim asuhan Suharto AD itu selalu menang. ’’Support dari mereka selama kami bertanding sangat menggetarkan. Para pemain jadi tampil ngotot dan terus menjaga hasrat untuk menang,’’ puji Suharto.

Suporter PS TNI memang khas. Kendati Piala Jenderal Sudirman merupakan penampilan pertama di sebuah turnamen nasional bersaing dengan klub-klub profesional tanah air, PS TNI bisa langsung punya ribuan suporter fanatik. Maklum, mereka didukung penuh ketiga angkatan: darat, laut, dan udara. Ya, ribuan pria cepak di tribun yang turut berperan besar atas kesuksesan sepanjang fase penyisihan itu adalah para prajurit TNI.

Dalam empat laga yang dijalani PS TNI di Gelora Delta, jumlah mereka selalu mendominasi. Kecuali dalam laga pertama saat melawan Surabaya United (15/11) yang berlangsung Minggu, di tiga laga sesudahnya rata-rata 10-15 ribu suporter PS TNI hadir di stadion.

Puncak dukungan bagi mereka terjadi saat PS TNI meladeni Persib. Hampir tiga perempat bagian stadion tertutup oleh para pendukung Legimin dkk. Bahkan, mereka sudah berdatangan saat laga pertama antara Surabaya United melawan Borneo FC masih berlangsung sorenya. ’’Kami siapkan setidaknya 15 ribu tiket bagi prajurit untuk datang ke sana (Gelora Delta). Memang tidak semua prajurit berangkat. Namun, setidaknya ada wakil dari tiap kesatuan,’’ jelas Kepala Staf Garnisun Tetap III/Surabaya Brigjen (Mar) Amiruddin Harun kepada Jawa Pos (Group Bandung Ekspres).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan