Nasabah Bank Sampah Meningkat

CIMAHI – Sejak launching pada akhir 2014 lalu, nasabah Bank Sampah Induk Cimahi (Samici) mengalami peningkatan. Hingga Juni 2015, tercatat lebih dari 1.500 nasabah Bank Samici yang terdaftar.

Bank Sampah Induk Cimahi - Samici- bandung ekspres
BUBUN MUNAWAR/CIMAHI EKSPRES

LAYANI NASABAH: Petugas teller Bank Samici sedang melayani nasabah di Kantor Bank Samici, Jalan Usman Dhomiri, kemarin.

Direktur Bank Samici Warso Wijaya mengatakan, peningkatan nasabah Bank Sampah ini terjadi karena telah terbentuknya 48 unit bank sampah yang tersebar di 15 Kelurahan se-Kota Cimahi. Dengan minimal anggota nasabah per unit 20 orang. ”Alhamdulillah keberadaan Bank Samici ini mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat. Dengan adanya peningkatan, tujuan untuk membantu kebersihan kota bisa terlaksana,” terang Warsodi ruang kerjanya, Jalan Usman Dhomiri Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah, kemarin.

Dijelaskannya, kegiatan Bank Samaci ini memang menarik perhatian masyarakat. Sebab, setiap nasabah telah memilah sampahnya yang organik dan anorganik. Kemudian, warga bisa memilah dan menjual sampah yang memiliki nilai ekonomis ke Bank Samici untuk mendapatkan uang pengganti.

Namun, kata dia, biasanya nasabah tidak mengambilnya secara tunai (cash). Tapi, uang penjualan sampahnya mereka tabung untuk cadangan kebutuhan keluarga.

Menurut awal program tersebut, kata dia lagi, awalnya cukup sulit untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat. Khususnya, melakukan pemilahan sampah sejak dari rumahnya. Tapi dengan adanya reward seperti yang dilaksanakan di Bank Sampah ini, masyarakat lebih tertarik karena ada nilai ekonomisnya.

”Biasanya warga setelah melihat adanya nilai ekonomi dari sampah ini baru mereka mau untuk melakukan pemilahan. Awalnya hal itu memang cukup sulit dilakukan,” jelasnya.

Dia menerangkan, pelayanan kepada nasabah yang dilakukan layaknya sebuah bank ini, berlangsung mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 setiap harinya. Bank ini melibatkan beberapa pegawai baik yang statusnya tenaga harian lepas atau PNS.

”Seluruh pegawai di sini ada 14 orang. Termasuk empat orang tenaga PNS yang dperbantukan. Kami juga mendapatkan bantuan operasional dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahim karena saat ini masih baru, kedepan kami ingin Bank Samici ini bisa mandiri,” pungkasnya. (mgc1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan