Musisi Peduli Citarum

Bersama Camat Tanam 1.000 Pohon

Musisi Peduli Citarum
SIMBOLIK: Camat Dayeuhkolot Eef Syarif Hidayatullah bersama musisi Budi Cilok menunjukkan pohon yang akan ditanam di kawasan Sungai Cigede, kemarin.

DAYEUHKOLOT—Dalam rangka memperingati hari musik nasional dan mendorong Bandung Sehat, Camat Dayeuhkolot dan para musisi melaksanakan penanaman 1.000 pohon di sepanjang pinggir anak Sungai Citarum Cigede Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, kemarin (9/3).

Camat Dayeuhkolot, Eef Syarif Hidayatullah mengatakan, melaksanakan gerakan itu sebagai bentuk perwujudan sinergitas antara pemerintahan dan masyarakat. Salah satunya dari para musisi yang ada di Kecamatan Dayeuhkolot. Terlebih lagi, kalangan musisi tersebut sedang memeringati hari musik nasional jatuh pada 9 Maret. ’’Penananaman pohon ini untuk menjawab persoalan lingkungan,’’ kata Eef, kemarin.

Dia mengatakan, gerakan tersebut ini diprakasai Sandy Cafe, Budi Cilok, dan para Slanker. Tidak hanya penanaman pohon, tapi, beberapa kegiatan lain juga pernah dilaksanakan. Di antaranya penanggulangan bencana. ’’Kegiatan ini juga bagian dari mengurangi risiko dampak bencana. Khususnya yang dilakukan komunitas yang berada di wilayah Kecamatan Dayeuhkolot,” urainya.

Eef merinci, gerakan penanaman pohon tersebut diwarnai beragam jenis pohon keras. Harapannya, bisa menyimpan air dan bisa menjaga ekosistem lingkungan. Itu juga, kata dia, bagian dari partisipasi wadah yang disebut Sunda Hejo.

’’Ini juga salah satu wujud pencerminan dari visi misi Kabupaten Bandung yang juga yang diprakasai Bupati kita H Dadang Naser untuk mewujudkan Kabupaten Bandung lebih mandiri dan berdaya saing melalui pengelolaan pemerintahan yang baik yang berlandaskan religius dan wawasan lingkungan,’’ paparnya.

Sementara itu, pengelola Sandy Cafe, Sandy Febriyanto mengungkapkan, acara ini sangat dadakan. Gagasan kegiatan itu sendiri, muncul dari musisi Kang Budi Cilok, Ferry, Dudi. Selain untuk memperingati hari musik nasional, sebanyak mungkin acara yang pasti lahirlah nama Sound of United. Tapi, di situ didukung oleh rencana tentang penanaman 1.000 pohon,” pungkasnya. (mg14/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan