Musim Depan Harus Juara Liga

LONDON – Sederet sejarah dicatat Arsenal menyusul kemenangan 4-0 atas Aston Villa (1-0) di final Piala FA kemarin dini hari WIB di Stadion Wembley, London. Tak hanya menjadi klub yang paling sering menjuarai turnamen tertua di dunia itu, sang manajer, Arsene Wenger pun, menjadi tactician pertama setelah Perang Dunia II yang mampu mengantarkan tim asuhan juara dua musim beruntun.

Total, Wenger sudah enam kali membawa The Gunners juara Piala FA. Koleksi 12 gelar Piala FA Arsenal melampaui Manchester United yang 11 kali juara.

Selain itu, kemenangan Arsenal itu menjadi berkah bagi Southampton. Tim yang finis di urutan ketujuh Premier League 2014-2015 itu berhak mendapat tiket ke Europa League yang semestinya menjadi jatah jawara Piala FA.

Arsenal tak mengambil jatah itu karena sudah lolos ke Liga Champions setelah menduduki posisi ketiga di klasemen akhir Premier League. Itu berarti Inggris akan diwakili empat klub di Europa League musim depan, yaitu Tottenham Hotspur (peringkat ke-5 Premier League), Liverpool (peringkat keenam), dan West Ham United (lolos via Fair Play League UEFA).

Tertolongnya Southampton oleh Arsenal itu juga mengulangi cerita serupa pada 2003. Ketika itu, meski kalah dari The Gunners di final Piala FA, The Saints “julukan Southampton” berhak mendapat jatah tiket ke Piala UEFA (pendahulu Europa League).

Tembakan Theo Walcott dari dalam kotak penalti membuka kemenangan Arsenal atas Aston Villa pada menit ke-40. Disusul gol indah Alexis Sanchez dari luar kotak penalti 10 menit berselang, sundulan Per Mertesacker pada menit ke-62, dan sontekan Olivier Giroud pada menit terakhir laga.

Meski puas dengan keberhasilan mempertahankan gelar Piala FA, Walcott menegaskan kalau The Gunners harus menagetkan juara Premier League musim depan. Arsenal terakhir kali berjaya di liga pada 2004.

”Ini adalah salah satu skuad terbaik yang kami miliki di Arsenal jadi sepatutnya kami harus bisa merebut prestasi lebih baik musim depan,” kata Walcott, seperti dikutip BBC.

Giroud mengamini ambisi pesaingnya di lini depan The Gunners itu. ”Kalau kami bisa mempertahankan skuad yang ada sekarang ini, dengan tambahan satu-dua pemain, kami punya peluang besar bersaing merebut gelar (Premier League),” kata Giroud, seperti dikutip The Independent.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan