Misi Memburu Eropa

Southampton v Liverpool

SOUTHAMPTON – Liverpool bertandang ke St Mary’s Stadium malam nanti untuk menjalani laga penting melawan Southampton pada pekan ke-26 Premier League. Bagi kedua tim, pertandingan ini krusial untuk berebut di posisi empat besar.

Memang persaingan untuk berebut jatah Liga Champions musim depan sangat ketat. Selisih poin antara peringkat ketiga yang ditempati Manchester United dan Tottenham Hotspur yang ada di posisi ketujuh hanya berbeda lima poin saja. Artinya dengan masih ada 13 pekan lagi, semua hal bisa saja terjadi.

Bagi Liverpool musim ini sangat melelahkan. Februari belum berakhir saja, Steven Gerrard dkk sudah menjalani 42 pertandingan. Bandingkan dengan musim lalu ketika The Reds hanya memainkan 43 laga sampai akhir musim.

Untuk bisa bersaing di Liga Champions, Manajer Liverpool Brendan Rodgers membeli banyak pemain baru. Namun itu tidak mendatangkan hasil karena Liverpool tersingkir pada fase grup dan harus tertatih-latih di Premier League.

 Sejak November, Rodgers mengubah formasi Liverpool yang berbasis empat pemain belakang sejajar menjadi 3-4-3. Dan keberanian manajer asal Irlandia Utara tersebut ternyata membuahkan hasil.

Dalam 24 pertandingan sejak akhir November, Liverpool hanya kalah dua kali di semua ajang. Pemain yang pada awal musim ’’tidak tampak’’ seperti Emre Can tiba-tiba melesat menjadi salah satu pemain yang tidak tergantikan di lini belakang. Begitu pula remaja 19 tahun Jordon Ibe.

Melawan Southampton adalah laga ke-24 Liverpool dalam 13 pekan terakhir. Laga ini mungkin saja adalah yang terberat dalam beberapa pekan terakhir. Liverpool memang melawan Chelsea. Namun itu terjadi pada ajang Piala Liga Inggris alias Capital One Cup ketika Manajer Chelsea Jose Mourinho banyak mengistirahatkan pemain kuncinya.

  Dalam laga ini, Rodgers akan memainkan komposisi terbaiknya. Sebab Southampton adalah lawan yang berat, tim yang memiliki rekor bagus melawan klub papan atas.

Liverpool membawa bekal yang bagus dalam pertandigan ini. Pada Jumat lalu, mereka mengalahkan tim kuat asal Turki, Besiktas pada leg pertama babak 32 besar Europa League dengan skor 1-0 di Anfield.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan