Memasuki Ramadan, Stok Darah Aman

BANDUNG WETAN – Memasuki bulan Ramadan, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung aman. Setidaknya untuk seminggu ke depan. Hal tersebut diungkapkan Ace Kusnadi, selaku wakil sekertaris PMI Kota Bandung saat ditemui di Kantornya PMI, Jalan Aceh, belum lama ini.

STOK DARAH PMI Bandung
Fajri Achmad NF/Bandung Ekspres

BERBAGI KEBAIKAN: Seorang warga mendonorkan darahnya untuk PMI Kota Bandung. Donor darah ini untuk membantu pasokan kantong darah PMI selama Ramadan yang kebutuhannya selalu meningkat.

Hingga saat ini, PMI Kota Bandung memiliki 5.466 kantong darah yang terdiri atas berbagai golongan. Per hari, PMI butuh 500 kantong untuk Kota dan Kabupaten Bandung. ’’Iya kita punya stok darah yang cukup untuk beberapa hari ke depan. Di antaranya 1.083 untuk golongan darah A, 1.779 untuk golongan darah B, 2.119 golongan darah O, dan 485 untuk golongan darah AB,’’ ujar dia.

Menurut Ace, saat bulan Ramadan, stok darah yang dimiliki PMI berkurang hingga mencapai 50 persen dari hari biasa. Maka dari itu, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak lain untuk mendapatkan pendonor darah saat Ramadan. ’’Untuk memenuhi stok yang berkurang kita akan kerjasama dengan gereja, masjid, Kesatuan TNI dan pihak lainnya,’’ ujar dia.

Ace menambahkan, PMI Kota Bandung juga akan membuka pelayanan donor darah selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Dirinya menyebut, dalam waktu dekat sudah ada jadwal donor darah di beberapa masjid besar dan gereja yang memang sudah menjadi jadwal tahunan khusus bulan Ramadan.

PMI juga sudah ada jadwal rutin dengan beberapa masjid, khusus Ramadan. ’’Tapi itu pun kalau pendonornya sekitar 50 orang, baru mobil unit bisa datang ke sana. Kalau kurang dari 50 orang mungkin mereka yang datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya di sini,’’ papar dia. (fie/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan