Maung Bandung Tekuk Elang Borneo

Dalam laga ini, Zulham menjadi protagonis bagi tuan rumah dengan menyumbang masing-masing satu assist dan gol.

Tak cuma aksi heroik Zulham, pertandingan ini turut diwarnai tiga kartu merah. PBFC kehilangan dua pemain, yakni Victor Pae dan Diego Michels. Pada babak semifinal, Persib dipastikan tanpa Ilija Spasojevic karena menerima kartu merah pada laga ini.

Aksi serang menyerang begitu terlihat sejak peluit babak pertama dibunyikan wasit Jumadi Efendi. Persib terus menggempur Pusamania di menit-menit awal babak pertama. Terlihat Persib tampil menekan dan bola lebih banyak berada di pertahanan PBFC. Namun, tim asuhan Djanur gagal menembus pertahanan berlapis yang diterapkan tim tamu.

Alih-alih membuka skor, Persib justru kecolongan pada menit ke-37. I Made Wirawan gagal mengantisipasi umpan silang Boaz Sollosa dari sisi kiri pertahanan. Bola langsung disontek Jajang Mulyana ke gawang Persib. PBFC pun unggul 1-0.

Sepak mula babak kedua dimulai, tampak Tantan dikeluarkan dan Spaso dimasukan guna mendobrak pertahanan Pusamania. Terbukti setelah Spaso dimasukan ada beberapa peluang, tapi sayang finishing Zulham belum bisa dieksekusi dengan baik.

Peruntungan Persib baru berubah di menit ke-66, Makan Konate menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Dia menerima bola tandukan Zulham sebelum melepaskan tembakan kaki kiri ke pojok kiri bawah gawang Galih Sudaryono.

Peluang Persib membalikkan kedudukan semakin terbuka setelah Viktor Pae diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-67. Pae melakukan tackle terhadap Konate.

Dua menit setelah kartu merah Pae, Persib berbalik unggul melalui Zulham Zamrun. Dia menyambut tendangan bebas Firman Utina dengan tandukan. Bola yang mengarah ke sisi kanan gagal dijangkau oleh Galih Sudaryono.

Perjuangan PBFC untuk menyamakan kedudukan semakin berat. Pada menit ke-89, Diego Michels menjadi pemain kedua yang diganjar kartu merah karena menerjang kaki Zulham dari belakang.

Persib juga kehilangan Ilija Spasojevic. Sesaat sebelum meniupkan peluit panjang, wasit melayangkan kartu kuning kedua untuk pemain berkebangsaan Montenegro ini.

Tak ada gol tambahan tercipta. Persib melaju ke semifinal berkat agresivitas gol tandang. Namun, Maung Bandung bakal tanpa Spasojevic pada pertandingan pertama semifinal. (kha/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan