Maskapai Wajib Miliki Dokter Penerbangan

Untuk hal itu, pihaknya mengaku sudah mengeluarkan peraturan terbaru tentang standar kesehatan dan sertifikasi personel penerbangan. Dalam peraturan itu, dia menambahkan beberapa poin untuk menjaga kelayakan medis dari pilot yang akan terbang. Pertama, mewajibkan pemeriksaan tekanan darah dan kadar alkohol dari pilot dalam setiap kali penerbangan.

’’Untuk pemeriksaan zat narkotika memang hanya bisa dilakukan dengan random check, karena prosesnya yang berhari-hari. Jadi, setidaknya kami ingin menjamin bahwa pilot dalam kondisi sehat dan sadar saat tinggal landas. Nanti, maskapai akan menempatkan tim medis di setiap bandara untuk memeriksa mereka. Kalau hasilnya tak baik, kami akan segera tarik pilotnya,’’ ungkapnya.

Selain itu, dia juga mewajibkan maskapai untuk memiliki dokter penerbangan. Hal tersebut diakui untuk memudahkan penanganan para pilot yang mengalami masalah medis. Memang, saat ini dokter penerbangan masih terbatas di Balai Kesehatan Penerbangan.

’’Maskapai sebenarnya juga tak ingin ambil resiko untuk meloloskan pilot yang tak sehat. Jadi, mereka pasti akan menaati prosedur setelah kasus ini,’’ jelasnya. (bil/nw/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan