Masing-masing Sekolah Buka Pendaftaran PPDB

[tie_list type=”minus”]Tak Ada Istilah Favorite[/tie_list]

NGAMPRAH – Di Kabupaten Bandung Barat, tidak mengenal istilah sekolah favorit. Untuk itu, dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baik tingkat SMP maupun SMA/SMK sederajat tidak dilakukan rayonisasi seperti halnya di daerah kabupaten/kota lain. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) KBB, Agustin Piryanti kemarin (1/7).

Menurut Agustin, kendati tidak mengenal sekolah favorit, pihaknya juga akan terus mendorong agar seluruh sekolah menjadi favorit dengan memberikan sarana dan prasarana (sarpras) yang belum mendukung. ”Sengaja kita tidak mengistilahkan favorit agar seluruh siswa bisa bebas untuk memilih sekolah yang diinginkan siswa,” kata Agustin.

Agustin menambahkan, PPDB di KBB masih disamaratakan. Karena sarana dan prasarana sekolah di KBB masih sama. Artinya, bagi pemkab sendiri di Bandung Barat tidak ada istilah sekolah yang difavoritkan. Namun, kata dia, walaupun ada sekolah yang difavoritkan atau diunggulkan, hal itu sudah menjadi kebiasaan yang difavoritkan oleh siswa atau pun orang tua siswa yang ingin bersekolah di sekolah yang memiliki sarana dan prasarananya lebih layak dari sekolah lain. ”Dari orang tua siswa biasanya sudah memiliki sekolah favorit. Jadi kami juga membebaskan para siswa memilih sekolah yang cocok,” bebernya.

Menurutnya, selama ini pihaknya sedang berupaya terus men-support sarana dan prasarana sekolah agar bisa mengeliminasi sekolah yang di favoritkan tersebut. Di antaranya dengan men-support sarana dan prasarana, kompetensi tenaga pendidik dan penambahan ekstra kulikuler (eskul) di setiap sekolah di KBB. ”Tidak ada kata sekolah favorit. Semuanya sama saja. Untuk mengeleminasi sekolah favorit, kita men-support semua sekolah. Baik sarana dan prasarananya, tenaga pendidikan dan eskulnya. Harapanya semua sekolah bisa sama,” jelasnya.

Dengan tidak adanya rayonisasi sekolah tersebut, pihaknya menekankan bahwa PPDB di KBB, dikembalikan kepada siswa dan orang tua siswa masing-masing. Adapun saat ini di KKB sudah dijalur khusus melalui jalur non akademik yang sudah diselenggarakan pada tanggal 22-26 Juni dan untuk umum akademik 29-3 Juli 2015. ”Pengumuman yang lolos akan diumumkan pada 6 Juli mendatang,” bebernya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan