Masih Sulit Move On

1 Vietnam v Indonesia 0
Belum Beranjak dari Hasil Negatif

JAKARTA – Timnas U-23 kembali mengalami hasil negatif ketika menjalani pertandingan uji coba Internasional. Kali ini, skuat Aji Santoso itu kalah tipis 0-1 (0-0) saat melawan Vietnam U-23 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam tadi malam. Itu adalah hasil tidak memuaskan kali ke-empat Garuda Muda—julukan Timnas U-23— selama menjalani laga uji coba antar negara.
Sebelumnya, tim yang diproyeksikan untuk tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2016, di Jakarta akhir Maret nanti itu, juga gagal menang saat melawan Syria U-23 dan Malaysia U-23 pada pertengahan Februari lalu. Saat melawan Syria, Manahati Lestusen dan kawan-kawan berhasil bermain imbang 1-1 di leg pertama (10/2) lalu.
Namun, empat hari kemudian, di pertandingan kedua, mereka tidak bisa berbuat banyak setelah dihajar tiga gol tanpa balas. Seakan sulit untuk move on dari hasil negatif, Timnas U-16 juga harus bermain imbang 1-1 ketika melawan timnas Malaysia. Semua laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.
Nah, dalam pertandingan tadi malam, pasukan Garuda Muda harus keluar lapangan dengan posisi kepala tertunduk setelah tidak mampu membalasan gol striker tuan rumah Vo Huy Toan di menit ke -74. Gol semata wayang itu terjadi setelah Huy Toan memaksimalkan tandukan striker Nguyen Hu Dung yang membuat bola jatuh persis di depan gawang Indonesia.
Ya, tanpa pikir panjang, Huy Toan yang dalam posisi berdiri bebas tanpa pengawalan langsung menyambar bola tersebut ke arah gawang Indonesia yang dijaga oleh M Natsir. ’’Kosentrasi anak-anak memang sedikit menurun di babak kedua. Itu yang mengakibatkan kesalah kecil yang berdampak sangat fatal bagi tim,’’ kata Mustaqim, asisten pelatih Timnas U-23 saat dihubungi Jawa Pos (induk Bandung Ekspres) setelah laga.
Dalam laga tersebut, datang sebagai tim tamu, Timnas Indonesia harus bermain di bawah tekanan sepanjang laga. Bahkan, tidak sedikit gawang mereka harus berada dalam ancaman. Betapa tidak, saat pertandingan baru berjalan lima menit, gawang Indonesia sudah nyaris dijebol tuan rumah. Beruntung, umpan silang yang dilakukan oleh Nguyen Hu Dung di depan gawang Garuda Muda berhasil dipotong M. Natshir, sang kiper.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan