Mas Kawin Pun Batu Akik Oncom

Yudha Putra Hikmat Ramdani Buktikan Diri Cinta Khas KKBB

Ada yang unik dalam prosesi pernikahan pasangan pengantin Yudha Putra Hikmat Ramdani dan Intan yang dilangsungkan di masjid yang berada di lingkungan Gedung Vidya Chandra Cimahi pada Sabtu (31/10) lalu. Pasangan ini, tampak berbeda dengan pasangan pada umumnya. Ini dapat dilihat dari penyerahan mas kawin selain emas, juga disertakan batu akik oncom khas Kabupaten Bandung Barat.

Laporan Hendrik Kaparyadi, KBB

PASANGAN pengantin yang mengenakan pakaian serba putih ini tampak tersenyum saat keduanya melewati ijab qobul. Keduanya terlihat sumringah saat menunjukan batu akik jenis oncom yang menjadi andalan dalam mas kawinnya saat menunjukan kepada awak media. Diakui Yudha Hikmat Putra Ramdani, alasan memasukan batu akik oncom dalam mas kawinnya lantaran bentuk kecintaan pada hasil sumber daya alam (SDA) di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Selain dirinya pecinta batu akik, dirinya juga ingin mengabadikan momen bersejarah ini dengan mempromosikan batu akik oncom disaat pernikahannya tersebut. ”Tahun 2015 merupakan tahun bomingnya akik di seluruh Indonesia. Tidak salah jika saya dalam hari spesial ini menyertakan akik sebagai mas kawin,” katanya.

Menurut dia, sangat jarang pada prosesi pernikahan menggunakan mas kawin berbentuk batu akik. Rata-rata, pernikahan hanya menyertakan mas semata. Namun, tidak bagi Yudha yang ingin tampil beda dengan menunjukan jagoannya dari Kabupaten Bandung Barat yakni batu akik jenis oncom. ”Kebetulan saya juga pegiat batu akik. Alasan saya memilih batu akik oncom untuk dijadikan mas kawin lantaran memiliki makna yang dalam bagi saya dan istri sehingga sepakat untuk dijadikan mas kawin dalam perkawinan,” ujarnya.

Pernikahan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya yang juga sebagai Ketua Asosiasi Batu Akik Bandung Barat. Maman juga turut menjadi saksi di pihak Yudha. Menurut Maman alasan Yudha memilih batu oncom dalam mas kawinnya karena pengantin prianya merupakan kolektor batu akik oncom, dan kebetulan keluarga besarnya pun pecinta batu akik. Sehingga dalam melaksanakan proses pernikahannya pun akik oncom tidak ketinggalan disertakan. “Keluarga laki-laki merupakan penggemar batu akik oncom dan diputuskan untuk menjadi mas kawin,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan