Maksimalkan Kinerja, Bangun Polsubsek

[tie_list type=”minus”]Demi Wujudkan Kondusivitas Masyarakat [/tie_list]

CILENGKRANG — Demi memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan serta memaksimalkan kinerja, Polres Bandung resmi membangun Markas Kepolisian Sub Sektor Cilengkrang yang berada di Kampung Pasir Jati, Desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Meski masih di bawah naungan Polsek Cileunyi, keberadaan lokasi baru ini akan menjadi cikal bakal pembentukan Polsek Cilengkrang.

Kantor yang berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, serta dibangun dari hasil sabilulungan kepolisian, pemerintah, pengusaha serta masyarakat, diresmikan oleh Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Moechgiyarto, kemarin (26/8).

Kapolda mengatakan, pembangunan polsubsektor yang berada di Cilengkrang ini menjadi salah satu program Polri dalam perluasan cakupan wilayah hukum Polres Bandung. Dengan keberadaan markas baru ini menjadi upaya dari jajarannya memberi kemudahan bagi masyarakat dan tentunya menciptakan keamanan dan ketertiban lebih optimal. ’’Sejauh ini, di wilayah Jabar memang baru ini yang resmi. Namun ke depan tak menutup kemungkinan ada polres maupun polsek yang nanti ditambah,” katanya.

Dia menuturkan, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) serta terbatasnya lahan menjadi kendala tersendiri dalam program perluasan wilayah ini. Idealnya, satu kecamatan memiliki satu polsek yang berbanding lurus dengan kantor kecamatan. Hal itu demi menunjang kenyamanan dan keamanan suatu daerah. ’’Tak hanya itu, berdasarkan rasio, satu petugas itu bekerja untuk melayani sekitar 350 orang. Tapi di lapangan saat ini, satu petugas harus mengawasi sekitar 1.000 orang,” tukasnya.

Kapolda juga menjelaskan, dengan hadirnya Polsubsek Cilengkrang, menjadi salah satu upaya memaksimalkan kinerja aparat kepolisian Polres Bandung, khususunya jajaran Polsek Cileunyi. Pihaknya juga telah menyiapkan SDM yang mempuni untuk ditempatkan di lokasi itu dengan pertimbangan para petugas yang telah mengetahui kondisi, situasi dan karakter daerah. ’’Kami juga ikut berterimakasih pada pemerintah setempat karena turut ambil bagian dalam menyiapkan lahannya. Ini juga sesuai dengan pengajuan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Bandung Dadang M Naser berharap kehadiran bangunan baru yang difungsikan tersebut memberi hal positif, terutama dalam mewujudkan kondusivitas di daerah yang berbatasan dengan Kota Bandung itu. Pemkab akan bekerja sama tak hanya dalam pembangunan, namun juga turut memantau, mengawal serta mengawasi keamanan di semua wilayah kabupaten Bandung. ’’Mapolsubsektor ini semoga bisa bermanfaat membantu kinerja kepolisian, masyarakat pun bisa lebih terlayani,” ucap Bupati. (yul/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan