Mabes Polri Targetkan 10 Juni Tol Cipali Beroperasi

Tol Cipatali
Istimewa

DIKEBUT: Para pekerja tengah mengerjakan pemasangan besi beton untuk jembatan penyebrangan yang melintasi jalan tol.

CIREBON – Proses pembangunan proyek jalur tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) ditargetkan 10 Juni selesai. Setelahnya tol Cikapali bisa beroprasi untuk digunakan untuk jalur mudik Lebaran Idul Fitri.

Untuk memastikan jalur tol Cipali, Korlantas Mabes Polri Irjen Pol Condro Kirono beserta rombongan melakukan survei belum lama ini. Rombangan korlantas Mabes Polri melakukan survei dari Tol Cikampek hingga Tol Palimanan. Hal tersebut untuk menguji kelayakan peralatan atau fasilitas tol seperti halnya pintu tol, mobil derek dan lain-lain.

Condro di depan sejumlah wartawan mengatakan, dari hasil pantauannya yang dilakukan sepanjang jalur Tol Cikapali hasilnya sangat puas. Pihaknya optimis tol Cikapali akan segera bisa digunakan untuk jalur mudik. Selain tol, pihaknya juga survei persiapan pengamanan arus mudik maupun arus balik yang diprediksi sekitar 40 persen kendaraan roda empat akan melewati tol Cikapali tersebut.

”Saya optimistis pada bulan Juni Tol Cikapali bisa digunakan. Nanti awal Juni akan kami cek semua sebelum digunakan. Secara umum sudah siap digunakan. Paling ada kekurangan, hanya jalan jembatan yang sebagian belum diaspal. Kemudian rambu-rambu dan bahu jalan sebagian belum selesai. Tapi awal Juni akan diselesaikan semua. Dan pada 10 Juni, semuanya rampung dan siap dilalui untuk arus mudik,” tuturnya usai melakukan survei di pintu masuk tol Cikapali.

Menurutnya, proses uji layak fungsi dilakukan secara bertahap. Karena ruas tol tersebut memiliki total panjang mencapai 116 kilometer. Sehingga proses uji kelayakan tidak dapat dilakukan dalam satu tahapan. Proses uji kelayakan sendiri dilakukan untuk memastikan fasilitas dan pelayanan ruas tol tersebut telah memenuhi standar keselamatan, kenyamanan dan keamanan yang telah ditetapkan pemerintah sebelum dioperasikan secara komersil. ”Awal bulan Juni kalau tidak ada hambatan pada pertengahan bulan Juni atau tepatnya sebelum bulan puasa, ruas tersebut sudah bisa dioperasikan,” tuturnya lagi.

Kepala Bidang Pelaksaanaan Kementrian PU Dr. Ir. Triyono Junoasmono mengatakan, pihaknya optimis pada bulan Juni tol Cikapali bisa digunakan. Khususnya pada seksi 6 Sumber Jaya 1C-Palimanan (14,53 km). Karena hampir seluruhnya sempurna dan selasai. ”Pada saat awal Juni, kami akan melakukan pengecekan yang bersifat keseluruhan kesiapan jalan tol, sebelum dipergunakan untuk secara umum. Selain beberapa titik jembatan yang belum rampung diaspal, rambu-rambu bahu jalan pun ada sebagian yang belum terpasang. Ini akan akan kami selesaikan semua pada awal Juni,” ungkapnya. (arn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan