Luncurkan Buku Kebijakan

Hasil Kerja Sama Kemendikbud dengan OECD

Baca Buku- bandung ekspres
ISTIMEWAMANFAATKAN FASILITAS: Sejumlah siswa membaca buku bersama-sama di perpustakaan sekolah. Fasilitas ini baik untuk siswa agar bisa menggali ilmu di luar jam pelajaran.

JAKARTA – Pencapaian sektor pendidikan dan rekomendasi bagi dunia pendidikan di Indonesia disampaikan dalam sebuah buku. Berjudul Education in Indonesia: Rising to the Challenge itu merupakan hasil kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan hasil kajian tersebut merupakan kerja sama antara organisasi penyelenggara PISA (Programme for International Student Assessment) ini dengan tim Kemendikbud. Mereka tidak hanya mengumpulkan data sekunder, tetapi juga melakukan riset di lapangan untuk mendapatkan data primer. Dia juga menyampaikan apresiasinya terhadap OECD atas kerja sama mereka yang berhasil melahirkan buku kajian kebijakan pendidikan itu.

’’Kami harap laporan ini bisa memberikan manfaat bagi Kemendikbud dan pihak lain yang memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan,” katanya saat peluncuran buku di Jakarta, kemarin (25/3).

Dia mengatakan, rekomendasi yang ada di dalam buku tersebut juga sejalan dengan rencana strategis dan solusi yang sedang direncanakan Kemendikbud untuk lima tahun ke depan. Buku itu mengungkapkan beberapa rekomendasi. Antara lain memprioritaskan pendidikan anak usia dini (PAUD) terutama untuk masyarakat miskin, meningkatkan partisipasi dan proses belajar mengajar di tingkat pendidikan dasar. Kemudian, memperkuat koordinasi dan keterlibatan industri dalam sistem pendidikan kejuruan dan teknis, serta meningkatkan pendidikan dan pelatihan bagi orang dewasa.

Sekjen OECD, Angel Gurria mengatakan, buku ini merupakan kajian pertama OECD mengenai kebijakan nasional dalam bidang pendidikan. Sedangkan untuk kajian ekonomi, OECD sudah melakukannnya sebanyak empat kali dalam kurun waktu empat tahun. Dia sempat memuji kemajuan pendidikan di Indonesia, negara yang luas dan padat penduduknya.

’’Indonesia adalah negara yang luas. Terlepas dari besarnya kesenjangan antarwilayah yang membatasi akses terhadap pendidikan yang berkualitas, Indonesia telah membuat kemajuan di berbagai jenjang pendidikan,” katanya. (kem/tam)

Tinggalkan Balasan