Lebaran, Penyewaan Mobil Meningkat

SURABAYA – Pelemahan daya beli masyarakat untuk membeli mobil menjadi berkah tersendiri bagi pengusaha persewaan mobil. Apalagi, momen menjelang Idul Fitri biasanya diikuti kenaikan permintaan sewa mobil.

Sewa Mobil
ISTIMEWA

PILIHAN: Penyewaan kendaraan menjadi salah satu alternatif untuk perjalanan mudik.

”Menjelang Lebaran, biasanya permintaan meningkat,” kata Sales Manager PT Serasi Autoraya Cabang Jawa Timur Reedi Renadi Herjan kemarin. Lebaran tahun ini diprediksi kenaikannya mencapai 10-15 persen. Dibandingkan bulan-bulan normal, permintaan meningkat 20-30 persen.

Menurut Reedi, permintaan meningkat karena masyarakat kelas menengah atas sudah mulai banyak. Selain itu, di Jawa Timur (Jatim), khususnya Kota Surabaya yang merupakan kota bisnis dan banyak penduduk urban, banyak pemudiknya sehingga lebih memilih menyewa mobil sebagai kendaraan saat mudik.

Reedi menuturkan, masyarakat memilih jalur darat karena waktunya lebih fleksibel dan sudah ada infrastruktur jalan yang bagus. Karena digunakan untuk mudik, jenis mobil multipurpose vehicle (MPV) dan minibus lebih diminati. ”Kami juga menambah armada untuk mengantisipasi kenaikan permintaan,” ucap Reedi.

Armada tahun ini ditambah 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, menjadi 200 unit, untuk wilayah Jatim, yaitu Surabaya dan Malang.

Menurut dia, saat ini pemesanan mobil sewaan sudah mencapai 30 persen. Ketika mendekati Lebaran, permintaan akan bertambah lebih banyak lagi. ”Karena permintaan naik, harga sewanya juga naik,” imbuh Reedi. Kenaikan harga 20 persen.

Secara nasional, PT Serasi Autoraya Cabang Jawa Timur berkontribusi 10-15 persen. Menurut dia, permintaan di Surabaya paling banyak dari sektor korporat. Sedangkan di Malang, permintaan meningkat ketika musin liburan. Ketika musim liburan tiba, permintaan sewa mobil di Malang meningkat 15-17 persen. ”Kami juga akan memperbesar ekspansi melalui kerja sama dengan beberapa hotel dan korporat,” terang Reedi. Target tahun ini, pihaknya bekerja sama dengan 15-20 hotel dan sudah ada kerja sama dengan tujuh hotel. (fel/c10/agm/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan